Liburan Hemat dan Menyenangkan Tanpa Pusing Cicilan

SHARE
Liburan Hemat dan Menyenangkan Tanpa Pusing Cicilan

Liburan seharusnya tidak meninggalkan beban apalagi meninggalkan banyak utang yang harus dicicil setiap bulan. Sudah pasti akan menambah beban bulanan yang berakibat pada minimnya pendapatan dan besarnya pengeluaran.

Agar tidak terjadi hal demikian sebaiknya dilakukan perencanaan  keuangan dengan baik sebelum melakukan liburan panjang.  misalnya saja dengan mencari hotel diskon hari ini ketika berburu penginapan murah di Surabaya. Dengan demikian pada akhirnya nanti akan bisa dikontrol dengan baik sebelum melakukan perjalanan.

Rencanakan dengan Matang

Perencanaan yang matang karena hanya sekedar menginventarisasi tujuan yang ingin dikunjungi tetapi juga Mulai dari barang bawaan yang dapat dibawa sampai dengan rencana pengeluaran pada saat liburan. Penting sekali untuk merencanakan juga berapa besar pengeluaran untuk penginapan.

Ada baiknya jika sudah diketahui lebih dulu misalnya tarif hotel termurah di Surabaya agar pada saat perencanaan keungan bisa diketahui berapa banyak jumlah dana yang harus dikeluarkan sehingga bisa mengatur pos-pos pengeluaran dengan baik dan tercatat.

Sesekali Pilih Hostel atau Homestay

Tidak ada salahnya memilih hotel yang nyaman, tapi tak ada salahnya juga berganti suasana dan berani untuk mencoba sesuatu yang baru misalnya dengan mencari hostel atau homestay yang punya space lebih terbatas namun membuat kamu bisa lebih banyak berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang yang berbeda.

Bedanya, jika kamu menginap di hotel, kamu tidak akan memiliki kesempatan untuk berbicara dengan tamu lainnya meskipun dari segi kenyamanan memang tidak bisa dibandingkan. Bagi orang yang ekstrovert memilih hostel atau homestay justu menjadi sebuah pilihan menarik, sementara bagi para introvert justru memilih seusuatu hal yang berlum pernah dilakukannya akan menjadi tantangan tersendiri baginya. Lupakan diskon hari ini saat memilih hostel atau homestay yang harganya pasti jauh lebih murah.

Jangan Takut Ikut Open Trip

Bagi kamu yang memang ingin mencari petualangan baru bersama orang-orang yang belum pernah dikenal, mengikuti open trip adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri pada lingkungan baru dan belajar beradaptasi dengan beberapa orang yang berbeda latar belakang.

Tak usah khawatir soal harga, Open Trip biasanya ngerti tarif hotel termurah di Surabaya sekalipun untuk rombongan mereka. Jadi, biaya untuk perjalanan bisa digabungkan dengan teman perjalanan lainnya sehingga beban yang tadinya berat bisa dibagi rata dan terasa akan lebih ringan.

Cari Destinasi Warga Lokal

Wisata tak melulu harus mengunjungi wisata mainstrem yang sudah ada. Justru saat ini ternnya adalah mengunujungi wisata warga lokal. Misalnya saja di Singapura kini sedang tren mengunjungi beberapa tempat wisata sejarah seperti tempat-tempat bekas peperangan yang masih bisa dinikmati untuk wisata hiking dan trekking.

Wisata lokal seperti ini juga sangat menarik bagi wisatwan asing. Di Afrika saja wisata ke tempat-tempat kumuh menjadi paket wisata menarik yang bisa dijual dengan mudah kepada wisatawan asing yang ingin melihat lebih dekat kehidupan masyarakat menengah ke bawah dengan faslitas dan kehidupan seadanya.

Berbelanja Seperti Warga Lokal

Urusan belanja memang tidak bisa dihindari lagi apalagi bagi kaum perempuan. Agar bisa menghemat pengeluaran, saatnya berbelanja seperti warga lokal. Dimana ada warga lokal berkerumun, perhatikan gerak gerik mereka dan jika perlu tanyakan pada mereka apa keuntunganya berbelanja di tempat itu.

Warga lokal paling mengerti daerahnya sendiri, jadi jangan pernah sungkan untuk mendapatkan informasi berharga yang tidak ada didalam wikipedia dari warga lokal ketika bepergian baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. Syukur syukur masih bisa mendapatkan hotel diskon hari ini.

Bijak Gunakan Kartu Kredit

Jika ingin menggunakan kartu kredit untuk berbelanja sebaiknya pikirkan kembali benefitnya. Jika tidak ada keuntungannya sama sekali sebaik tunda menggunakan kartu kredit. Saat traveling ke luar negeri kartu kredit hanya digunakan untuk cadangan dan jaminan ketika berada di imigrasi. Bukan berarti bebas digunakan. Misalnya jika bisa memesan hotel dengan tarif hotel termurah di Surabaya, barulah bisa menggunakan kartu kredit.

Kenapa Tidak Masak Sendiri?

Meskipun memang merepotkan liburan hemat dengan masak sendiri sudah terbukti efektif namun tak efisien. Pasalnya memang dengan memasak harus ada beberapa bahan yang dipersiapkan meskipun awalnya memang merepotkan tapi justru manfaatnya sangat besar apalagi jika berwisata di negara yang sulit untuk mendapatkan makanan halal.

Jika Tak Ada Bujet, Tak Usah Paksakan Beli Oleh Oleh

Oleh-oleh kadang-kadang tetap menjadi dilema dalam dunia traveling. Sebaiknya pertimbangkan kali baik buruknya. Jika membawa oleh-oleh akan menjadi ketergatungan dan kebiasaan buruk, sebaiknya tidak membiasakan membeli oleh-oleh. Sesekali tak apa tapi jangan terlalu sering dibiasakan agar target hemat traveling bisa tercapai. Meskipun memang tak ada yang melarang namun porsi belaja tetap harus diingatkan agar tidak kebablasan. Lain halnya jika bisa mendapatkan hotel diskon hari ini sehingga kelebihan biayanya bisa dialokasikan untuk menambah belanja oleh-oleh.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY