Mencegah Ruam Popok Pada Bayi

SHARE
Mencegah-Ruam-Popok-pada-Bayi

Jika anda pernah memiliki bayi sebelumnya, anda pasti tidak asing dengan istilah ruam popok. Ruam popok adalah iritasi kulit pada bayi yang terjadi pada bagian tubuh yang tertutup popok. Seperti pantat, paha bagian dalam dan alat kelamin.

Ruam popok biasanya berwarna kemerahan seperti gatal. Ruam popok terjadi karena kulit bayi yang bersentuhan dengan kain popok. Perlu anda ketahui, bayi baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga mudah sekali untuk mengalami tuam popok. Lantas bagaimana cara mencegah ruam popok pada bayi?

Untuk mencegah ruam popok, sebaiknya anda segera mengganti popok yang basah saat anda sedang buang air kecil. Kelembaban akibat buang air kecil inilah yang menyebabkan ruam popok timbul. Pastikan saat mengganti popok bayi, anda sudah mengeringkan kulitnya hingga kering. Tepukkan bedak ke sekitar pantat dan pahanya untuk mencegah gatal dan menimbulkan ruam popok kembali. Pilihlah popok yang terbuat dari kain yang lembut lalu pasangkan pada badan bayi. Jangan memasangkannya terlalu kencang karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

Saat memandikan bayi anda, bersihkan daerah popok secara lembut dengan air hangat suam-suam kuku. Keringkan dengan cara menepuk pelan pada kulitnya menggunakan handuk yang lembut. Berikan bedak bayi disekitar area yang tertutup popok. Cara ini juga bisa mencegah ruam popok yang belum timbul pada bayi anda.

Trik Ampuh Mencegah Ruam Popok Pada Bayi

Mencegah-Ruam-Popok-pada-Bayi

Jika bayi anda sudah terlanjur timbul ruam popok, anda bisa mengoleskan krim khusus ruam popok di area yang terkena ruam popok. Pastikan anda menggunakannya sesuai resep dan anjuran dari dokter. Jika ruam popok tidak kunjung hilang dan justru timbul bintik-bintik berair, segera bawa ke dokter kembali agar mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Baca Juga: Cara Mengukur Suhu Badan Bayi yang Benar

Saat bayi anda masih kecil lebih baik anda gunakan popok kain. Selain mencegah ruam popok pada bayi, popok kain juga membuat bayi anda lebih nyaman saat tidur dan bebas bergerak. Saat dia mulai banyak buang air kecil, barulah anda menggunakan popok diaper atau popok sekali pakai.

Tapi jangan gunakan popok ini sepanjang hari karena bisa mengganggu sirkulasi udara yang masuk dan bisa menimbulkan kelainan pada alat kencing bayi. Pilihlah diaper yang tidak terlalu ketat. Jika tetap terjadi ruam popok, lebih baik hentikan penggunaannya. Bisa jadi kulit bayi anda tidak cocok dengan bahan pembuat diaper tersebut.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS