Cara Mengukur Suhu Badan Bayi yang Benar

SHARE
Cara-Mengukur-Suhu-Badan-Bayi-yang-Benar

Apakah bayi anda sering rewel setiap malam bahkan sepanjang hari? Bisa jadi ini terjadi karena terganggunya kondisi kesehatan dia. Biasanya bayi akan menjadi kurang nyaman saat suhu tubuhnya naik.

Untuk lebih jelasnya anda bisa mengukurnya dengan menggunakan termometer. Mengukur suhu tubuh bayi juga tidak bisa sembarangan agar hasilnya akurat.

Anda harus tahu cara mengukur suhu badan bayi yang benar sehingga bisa tahu apakah dia sedang demam atau tidak. Memeriksa demam tak selamanya harus di bagian jidat.

Banyak cara mengukur suhu bayi namun anda bisa mengikuti tips mengukur suhu badan bayi yang benar.Berikut Panduan untuk anda.

Berbagai Cara Mengukur Suhu Tubuh Bayi

Cara-Mengukur-Suhu-Badan-Bayi-yang-Benar

1. Cara mengukur suhu tubuh di ketiak

Siapkan termometer yang memiliki skala hingga 40 derajat celcius. Pastika termometer yang digunakan bersih agar tidak terjadi iritasi pada kulit. Saat akan mengukur suhu tubuhnya sebaiknya bayi dalam keadaan hangat. Anda bisa menggunakan selimut atau membedong bayi anda. Tidurkan bayi diatas kasur dengan posisi terlentang.

Kocok termometer terlebih dahulu sampai warna penunjuknya di bawah 35oC. Lalu letakkan termometer pada ketiak bayi dan rapatkan tangan bayi hingga beberapa saat atau kurang lebih selama 5 menit. Ambil termometer dan bacalah suhunya. Cukup mudah bukan cara mengukur suhu badan bayi dari ketiak?

2. Cara mengukur suhu lewat dubur

Cara mengukur suhu badan bayi tidak hanya bisa dilakukan lewat ketiak. Anda juga bisa mengukurnya melalui dubur. Pertama, ambil termometer yang sudah bersih dan steril. Jaga bayi anda agar tetap tenang saat akan diukur suhu badannya. Letakkan di kasur dengan posisi terlentang. Beli pelumas pada termometer sebelum digunakan untuk mengukur, jika tidak memiliki pelumas anda bisa menggunakan baby oil.

Lalu masukkan termometer ke dalam dubur bayi kurang lebih sedalam 2 cm dan diamkan kurang lebih 5 menit. Tetap jaga bayi anda saat melakukan pengukuran ini. Karena jika bayi anda terlalu banyak gerak akan mengakibatkan luka bahkan robekan pada duburnya. Cabut termometer dan amati hasilnya.

Baca Juga: Memilih Tas Sekolah untuk Si Kecil yang Tepat

3. Cara Mengukur Melalui Mulut

Ada lain cara mengukur suhu badan bayi selain di ketiak dan dubur. Anda bisa mengukurnya melalui mulut. Caranya mudah, pertama pastikan bayi anda sedang tenang saat akan diukur suhu badannya. Jika bayi terlalu banyak gerak bisa melukai organ mulutnya.
Lebih baik anda menggendong bayi anda saat akan diukur suhu badannya. Lalu, letakkan bagian ujung termometer dibawah lidah. Biarkan selama 3 menit dan usahakan bayi menutup mulutnya. Setelah itu cabut dan baca hasilnya.

NO COMMENTS