Tips Mengolah Wortel Jadi Makanan Bayi

SHARE
Tips Mengolah Wortel Jadi Makanan Bayi

Wortel adalah sayuran berukuran panjang dan berwarna orange. Ya itulah Wortel. Selain makanan kesukaan kelinci. Siapa sangka worter ternyata bisa dijasikan untuk sajian makanan bayi.

Wortel biasanya digunakan untuk pelengkap sup dan pewarna makanan. Wortel kaya sekali dengan vitamin A yang baik untuk mata dan kulit.
Wortel juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga sistem imun anda.

Wortel tidak hanya baik untuk orang dewasa saja. Wortel ternyata juga baik untuk kesehatan bayi. Kandungannya ternyata sangat bermanfaat untuk perkembangannya.

Lalu sudahkan anda tahu bagaimana cara mengolah wortel menjadi sebuah makanan yang baik untuk bayi. Simak resepnya sebagai berikut.

Tips Mengolah Wortel Jadi Makanan Bayi

Tips Mengolah Wortel Jadi Makanan Bayi

Pertama, larutkan dua sendok makan tepung beras merah ke dalam air dan aduk hingga rata. Masaklah larutan tersebut di atas api kecil hingga matang. Masukkan wortel yang sudah direbus sebelumnya ke dalam larutan tersebut. Tuangkan larutan susu formula 200 ml ke dalam adonan tadi. Aduk hingga rata. Setelah itu angkat dan sajikan. Tunggu hingga dingin untuk menyuapkannya ke si kecil. Cukup mudah bukan mengolah wortel jadi makanan bayi?

Kedua, sebelum mengolah wortel jadi makanan bayi anda juga perlu memperhatikan kualitas wortel. Wortel yang baik adalah wortel yang segar. Wortel yang segar bisa diketahui dari warnanya yang cerah dan teksturnya yang tidak lembek. Simpan wortel ke dalam tempat yang kedap udara. Ini dimaksudkan agar wortel tidak mudah layu dan busuk. Simpanlah di lemari pendingin agar wortel tetap segar dan lebih sulit untuk membusuk.

Ada yang perlu mengetahui jika mengolah wortel jadi makanan bayi hanya boleh diberikan kepada bayi anda yang sudah berusia 10 bulan atau lebih. Sedangkan bila bayi anda berusia 7-9 bulan lebih baik gunakan wortel sebagai campuran makanannya saja. Sayuran wortel juga tidak mengandung alergen, sehingga anda tidak perlu khawatir bayi anda terkena alergi. Bila anda ragu, lebih baik berkonsultasi dengan dokter yang anda percayai.

Baca Juga: Resep Makanan Bayi Dari Bayam

Wortel adalah sayuran yang baik untuk kesehatan pencernaan bayi. Wortel sangat mudah di cerna oleh usus bayi dan memperlancar buang air besar bayi. Ini karena wortel mengandung serat yang tinggi.

Caranya, kupas dahulu kulit wortel hingga bersih lalu cuci menggunakan air yang bersih agar sisa-sisa tanah yang melekat pada wortel rontok dengan sempurna. Jika anda ingin merebusnya, cukup rebus selama 10-15 menit. Tidak perlu lama-lama karena merebusnya selama waktu tersebut sudah membuat tekstur wortel menjadi lunak dan tidak menghilangkan nutrisi dan vitamin yang dikandungnya.

NO COMMENTS