Penyebab dan Cara Mengatasi Kutu Rambut Anak

SHARE
Penyebab dan Cara Mengatasi Kutu Rambut Anak

Apakah Anda, adik sepupu, atau saudara lainnya pernah mengalami rambut kutuan?

Meski agak aneh, namun sebagain besar penyebab kutu rambut adalah rambut kotor. Bagi Anda yang sering melewatkan waktu keramas, risiko terkena kutu rambut akan lebih besar lho.

Namun kutu rambut paling sering dialami anak-anak. Penularan kutu pun melalui kontak rambut secara langsung sebab kutu rambut tidak bisa melompot atau terbang karena binatang kecil ini bergerak dengan berjalan di sepanjang helai rambut, dari satu kepala ke kepala lainnya.

Anak-anak sekolah dasar paling sering mengalami penularan kutu rambut. Aktivitasnya yang sering bermain bersama anak-anak seperti berpelukan, bergantian asesoris rambut, ganti-gantian memakai topi, dan lainnya akan meningkatkan risiko terkena kutu rabut.

Rambut manusia adalah tempat paling nyaman untuk kutu rambut tinggal dan beranak pinak. Inilah salah satu penyabab rambut anak sering “kutuan”.

Tips Cara Mengatasi Kutu Rambut Pada Anak

Ada dua cara untuk mengatasi kutu di rambut anak berikut ulasannya

  1. Gunakan Sampo Kutu Untuk Anak

Menggunakan bahan kimia yang ada di produk sampo untuk anak adalah cara pertama yang bisa ditempuh untuk membasmi kutu-kutu yang hidup di rambut anak. Sampo kutu khusus anak biasanya tersedia di supermarket atau apotek.

cara hilangkan kutu rambut anak

Kandungan kimia semacam insektisida efektof untuk membunuh kutu rambut. Cara penggunaan sampo kutu dapat dilihat pada kemasannya. Namun hindari pemakaian terlalu sering karena populasi kutu rambut semakin meningkat bila penggunaan insektisida terlalu sering.

  1. Pakai Metode Conditioner and Combcara membasmi kutu di rambut anak

Supaya kutu pada rambut anak cepay hilang, mom bisa menggunakan metode conditioner-and-comb yakni menggosokan kondisioner ke rambut agar kutu rambut lemas dan susah bergerak. Selanjutnya sisir rambut anak dengan menggunakan sisir khusus yang bergigi rapat (serit). Sisir kutu ini ampun untuk mengeluarkan kutu dan telur dari rambut anak.

  1. Seminggu Kemudian

Ulang cara pertama dan kedua seminggu sekali. Anak terkadang susah untuk keramas dan sulit diam ketika mandi. Sehingga sangat sulit telur kutu dibasmi. Biarkan telur-telur kutu menetas terlebih dahulu. Bila sudah menetas akan lebih mudah membasmi kutu dengan sisir serit dibandingkan masih dalam bentuk telur yang sangat melekat dengan rambut.

Baca Juga: Perawatan Rambut Bayi Baru Lahir

  1. Tea Tree Oil

Selain untuk kecantikan kulit, konon minyah pohon teh atau Tea Tree Oil ampun untuk mengusir kutu rambut. Pohon teh lebih baik dibandingkan penggunaan insektisida sampo khusus kutu atau metode conditioner and comb.

Well, itulah cara untuk membasmi kutu di rambut anak mom. Asalkan mom rajin dan tekun, si kecil akan jauh dari kutu rambut. (ms)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY