5 Tips Anak Rajin Menggosok Gigi

SHARE
5 Tips Anak Rajin Menggosok Gigi

Hampir sebagian besar anak-anak memperhatikan kebersihan giginya. Bahkan bisa dibilang cuma sebagian kecil anak yang nurut waktu disuruh orangtuanya menggosok gigi.

Ada juga beberapa anak yang menolak untuk menggosok gigi dengan dengan alasan yang beragam.

Padahal menjaga kebersihan gigi anak itu sangat penting sebab gigi anak yang bersih merupakan bekal untuk masa remaja dan dewasanya nanti.

Bila anak tidak dibiasakan menggosok gigi, akibatnya fatal. Anak bisa kehilangan rasa percaya dirinya karena memiliki gigi yang menghitam, bolong, hingga ‘ompong’.

Adakah cara untuk membuat anak rajin gosok gigi?

Tentu ada, berikut sejumlah tips mudah agar anak rajin gosok gigi yang dirangkum dari berbagai sumber.

Tips Agar Anak Mau Gosok Gigi

1. Berikan Pasta Gigi Anak yang Berperisa
Anak suka rasa manis. Berikan pasta gigi khusus anak berperisa misalnya rasa jeruk, atau rasa anggur. Percaya deh anak akan rajin gosok giginya karena pasta giginya rasanya enak.

2. Belikan Sikat Gigi yang Lucu
Selain pasta gigi yang berasa, sikat gigi yang lucu juga bisa menambah semangat anak untuk mengosok gigi. Jangan lupa pilih warna yang menarik ya Bun!

3. Buat Anak Penasaran
Bila sikat gigi lucu tak berhasil membuat anak-anak mau gosok gigi. Coba pakai sikat gigi elektrik khusus anak-anak. Hal ini akan menimbulkan rasa penasaran anak untuk mencobanya. Namun saat anak gosok gigi pastikan Bunda untuk tetap mengawasinya.

4. Adakan Reward atau Hadiah
Selama masa percobaan mungkin anak juga masih suka malas untuk mengosok gigi. Anda bisa berikan intensif pada Anak. Intensif bisa berupa hadiah atau reward untuknya bila si kecil rajin sikat gigi selama satu bulan penuh. Akan tetapi, pastikan reward atau hadiah untuk anak yang berguna untuk kesehatannya seperti mengajaknya berenang atau bermain ice skating.

5. Berikan Edukasi Melalui Video
Zaman sekarang anak sangat akrab dengan YouTube. Layanan video ini bisa Anda manfaatkan untuk memperlihatkan video tentang pentingnya sikat gigi. Tak hanya hiburan, ada banyak video YouTube yang beredukasi untuk anak-anak.

Baca Juga: Trik Agar Anak Tidak Takut Disuntik

Bila dibiasakan sejak dini dijamin gigi anak tetap sehat dan jauh dari berbagai penyakit gigi.

 

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY