Trik Agar Anak Tidak Takut Disuntik

SHARE
Trik Agar Anak Tidak Takut Disuntik

Wajar ya Bunda kalau anak takut disuntik. Seperti halnya waktu imunisasi. Anak seringkali menangis, takut, bahkan tidak ingin pergi dari rumah.

Nah supaya anak tak takut disuntik, Sebenernya dokter memiliki trik jitu agar anak tidak takut disuntik nih.

Sebab pada dasarnya, proses menyuntik anak tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga sangat mudah untuk membuat anak tidak takut disuntik.

Lantas bagaimana cara membuat anak agar tidak takut dan menangis saat disuntik?

Tips Anak Mau Disuntik

cara agar anak mau disuntik

1.    Menyiapkan Mental Anak

Peran orangtua sangat penting untuk menyiapkan mental anak  sebelum disuntik. Caranya menyiapkan mental anak sebelum sidang adalah dengan memberitahu manfaat diimunisasi atau disuntik untuk apa sih. Cobalah untuk berkata jujur bahwa disuntik tidak mudah tidak sakit. Namun jelaskan kepada anak rasa sakitnya sedikit dan sebentar saja.

2.    Ucapkan Kata Hebat

Setelah disuntik anak mungkin kaget dan biasanya menangis. Tidak perlu khawatir, ucapkan kata hebat seperti “anak Bunda jagoan” “anak ayah pintar” dan kalimat yang bisa membuat anak bangga kepada dirinya sendiri ia bisa melawan rasa sakit saat disuntik.

3.    Bila Perlu Kasih Reward (Hadiah)

Disuntik vaksin akan terasa sakit. Bila perlu, berikan hadiah atau reward seperti maianan atau makanan kesukaannya. Reward dari orang tua sangat ampuh membuat anak tidak takut disuntik.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Anak Bersemangat Lagi Setelah Sakit

Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu sering memberikan anak reward atau hadiah sebab dampaknya akan membuat anak manja dan sering meminta hadiah sebelum melakukan hal yang tidak diinginkannya.

Ketiga cara ini sangat ampuh membuat anak tidak sakit disuntik. Yuk dicoba Bun!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY