Ingin Puasa Saat Hamil? Ini Tips Mengatur Nutrisi Untuk Ibu Hamil

SHARE
Ingin Puasa Saat Hamil Ini Tips Mengatur Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Meski sedang mengandung, tetap puasa sebenarnya boleh saja dilakukan. Namun alangkah baiknya untuk berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu apakah kondisi tubuh memungkinkan untuk berpuasa atau tidak.

Puasa saat hamil sebenarnya tak menjadi masalah apabila kondisi kesehatan ibu baik dan kebutuhan nutrusinya terpenuhi.

Sebelum memutuskan untuk tetap berpuasa saat hamil, Anda membutuhkan persiapan yang matang. Bagaimanapun, nutrisi saat hamil sangat penting untuk Anda perhatikan terutama nutrusi untuk sang buah hati.

Lalu bagaimana tips mengatur nutrisi ibu hamil saat berpuasa? Yuk simak ulasannya, moms!

1. Nutrisi Ibu Hamil Saat Sahur

Ketika sahur, santaplah makanan yang berkuah dan mengandung karbohidrat komplek. Hindari makanan yang manis karena dapat menyebabkan rasa cepat lapar. Makanan yang manis sangat mudah diserap tubuh sehingga tubuh lebih cepat lemas.

Setelah selesai makan sahur, menjelang imsya, moms dianjurkan untuk mengonsumsi cemilan sebagai tambahan nutrisi. Pilihlah cemilan sehat seperti biskuit.

2. Tips Berbuka puasa untuk Ibu Hamil

Setelah berjuang menahan rasa haus dan lapar, saat berbuka puasa, mom disarankan untuk mengonsumsi makanan yang manis untuk mengembalikan cadangan gula yang hilang saat berpuasa. Makanlah secara perlahan. Beri jeda saat mengonsumsi makanan yang lebih berat untuk mencegah “begah” atau kekenyangan.

Setelah berbuka puasa secukupnya dan usai melakukan ibadah salat terawih, moms juga disarankan untuk makan kembali namun porsinya tidak berlebihan. Konsumsilah makanan ringan sehat seperti sandwich yang kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk ibu hamil.

Baca Juga: Toko Oleh-Oleh Seleb Ini Bukti Nyata Bisnis Itu Harus Saling Mendukung

Meski sedang hamil, puasa bukan menjadi penghalang atau dapat membahayakan si buah hati. Apabila mom tahu nutrisi yang tepat untuk ibu hamil, puasa bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat. Selain menjaga pola makan dan memperhatikan nutrisi yang diperlukan tubuh, moms juga harus rutin olahraga untuk ibu hamil. Anda bisa melakukan yoga atau senam untuk ibu hamil.

Selamat berpuasa moms!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY