5 Penyebab Anak Susah Gemuk Padahal Sudah Makan Banyak dan Minum Vitamin

SHARE
5 Penyebab Anak Susah Gemuk Padahal Sudah Makan Banyak dan Minum Vitamin

Apakah berat badan anak Anda terus menerun atau sulit untuk gemuk?

Padahal Anda sudah memberikan banyak vitamin hingga asupan makan yang cukup.

Apa penyabab anak susah gemuk?

Ada banyak penyebab anak susah gemuk diantaranya sebagai berikut.

1. Anak Kekurangan Kalori

Meski sudah memberikan anak cukup makan, bila kalorinya kurang maka hasilnya pun akan percuma. Penyebab berat badan anak tidak bertambah gemuk kemungkinan besar ia kekurangan kalori pada tubuhnya. Cobalah untuk memperhatikan kebutuhan kalori dengan cara menghitung kalori tubuh perhari supaya anak bisa bertambah gemuk.

2. Adanya Gangguan Metabolisme Pada Tubuh Anak

Anak kurus memiliki kinerja metabolisme yang sangat cepat sehingga mau berapapun menyantap makanan yang Anda berikan, akan segera dibakar oleh tubuh untuk menjadi sumber energi pada tubuh. Bila buah hati Anda mengalami hal ini, Anda bisa konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan solusinya sebab gangguan metabolisme juga berperahuh terhadap sistem kekebalan tubuhnya yang kemungkinan besar akan rentan terhadap macam-macam penyakit anak seperti flu, batuk, demam, dll.

3. Lagi Stress

Bukan hanya orang dewasa saja, anak juga bisa mengalami stress atau merasa tertekan. Untuk hal ini bisa Anda atasi melalui komunikasi atau memberikan perhatian yang lebih terhadap anak.

4. Komposisi Makanan Kurang Pas

Beda halnya dengan point pertama, bila Anak sudah banyak makan namun tetap susah gemuk kemungkinan besar diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi tidak bergizi. Anda bisa memberikan makanan 4 sehat 5 sempurna yang tinggi kalori, protein tinggi, mengandung cukup karbohidrat, dan serat seperti daging, dada ayam, ikan salmon, putih telur, dan lain-lainnya yang bisa Anda kombinasikan.

5. Banyak Racun Pada Tubuh

Inilah kemungkinan besar yang menjadi penyebab badan susah gemuk. Dalam tubuh Anak mungkin terdapat kotoran-kotoran yang ada didalam usus yang menyebabkan kerak sehingga tubuh sulit menyerap gizi, nutrisi, vitamin dari makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: Kiat-Kiat Mengatasi Anak Susah Makan Sayur Dan Buah

Itulah kelima penyebab anak sulit gemuk. Pengawasan dan perhatian pada anak sangat mendukung peningkatan berat badan anak. Yuk mom, berikan anak makanan yang bergizi dengan porsi yang cukup setiap harinya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY