Begini 3 Cara Mudah Atasi Batuk Tanpa Obat Batuk Pada Anak

SHARE
Begini 3 Cara Mudah Atasi Batuk Tanpa Obat Batuk Pada Anak

Melihat anak batuk-batuk sungguh mengkhawatirkan. Terlebih anak sampai mengeluarkan air mata. Sebagai orang ibu, tentu Anda akan segera memberikan obat batuk untuk si kecil.

Ets, sebenarnya tanpa obat, batuk pada anak dapat diatasi dengan cara alami.
Hal ini disampaikan langsung oleh seorang pakar kesehatan yang mengatakan bahwa ada cara mudah mengatasi anak batuk.

Namun sang ibu perlu tahu penyebab anak batuk. Penyebab batuk umumnya adalah flu. Batuk ini akan sembut dengan sendirinya dalam beberapa waktu yang pekan asalkan si kecil diberikan makanan sehat dan memiliki pola tidur yang baik.

Tidak perlu panik, selama anak batuk, Anda bisa melakukan tiga cara alami mengatasi batuk pada anak tanpa obat-obatan.

Mengonsumsi Banyak Air Putih

Jelaskan kepada anak bahwa batuk dapat diatasi tanpa obat asalkan mengonsumsi banyak air putih. Terlebih batuk anak disebabkan oleh flu atau pilek. Infeksi pada saluran pernapasannya akan membuat anak mengalami dehidrasi. Maka itu penting untuk mengonsumsi air putih untuk meredakan batuk anak.

Khasiat air putih sungguh luar biasa, hidrasi yang disebabkan adanya infeksi pernapasan akan hilang dengan air putih. Air putih mampu mengurangi lendir berlebihan pemicu batuk. Minum iar putih juga dapat membantu menjaga selaput lendir tetapa lembab dan tidak kering sehingga mencegah anak dari batuk.

Berikan Teh Hangat dan Madu

Teh dan madu mempunyai khasiat untuk meredakan radang pada tenggorokan secara alami. Kandungan teh dan madu dapat membuat tenggorokan tetap hangat. Anda bisa membuatkan secangkir teh hangat dan madu sebelum tidur untuk si kecil. Teh dan madu menjamin anak Anda tidur dengan nyenyak.

Meminta Anak Berkumur dengan Air Garam

Campuran air dan garam dapat membantu menenangkan iritasi atau gatal pada tenggorokan anak yang dapat memicu terjadinya batuk kering yang sungguh menyakitkan dan terasa gatal di tenggorokan.

Baca Juga: 5 Tips Membawa Anak Ke Bioskop Pertama Kali

Caranya mudah, Anda bisa mencampirkan air hangat dengan satu sendok teh garam. Mintalah kepada anak untuk berkurumur selama 20 detik dan membuangnya. Namun perlu Anda ingat, cara ini dilakukan hanya untuk anak-anak yang berada di atas 7 tahun. Sebab anak yang berusia dibawah 7 tahun belum terlalu pandai berkumur.

Ketiga ini adalah cara mudah untuk mengatasi batuk pada anak tanpa obat-obatan. Selamat mencoba dan semoga anak Anda lekas sembuh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY