Cara Mengatasi Kondisi Kelebihan Berat Badan pada Anak

SHARE
Cara Mengatasi Kondisi Kelebihan Berat Badan pada Anak

Masyarakat di zaman modern ini sudah semakin peduli terhadap kesehatan diri sendiri. Bahkan banyak pula pasangan yang rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kestabilan berat badan.

Informasi seputar olahraga dan diet untuk pasangan dapat diperoleh dengan mudah, misalnya melalui situs GorryGourmet seperti berikut ini:

https://www.gorrygourmet.com/article/view/22/3-gerakan-couple-workout-yang-dapat-menurunkan-berat-badan

Namun rupanya bukan hanya kondisi kesehatan diri sendiri saja yang patut diperhatikan. Kita juga mesti cermat mengatasi kelebihan berat badan pada anak.

Ikuti beberapa cara berikut ini ketika anak mulai kelebihan berat badan :

Menjaga Asupan Gizi untuk Anak

Asupan gizi untuk anak-anak memang harus seimbang. Jangan sampai anak mendapatkan asupan kalori berlebihan yang mengakibatkan timbunan lemak pada tubuh. Kita mesti lebih sigap mengatur pola makan anak setiap hari. Imbangi asupan karbohidrat dan lemak dengan makanan yang kaya protein, vitamin, mineral, dan serat.

Membuat Variasi Makanan yang Menggiurkan

Kalau anak-anak tidak suka makan sayur, maka kita mesti lebih kreatif menyiasatinya. Buatlah makanan yang menggugah selera agar anak-anak tertarik untuk menyantapnya. Tidak ada salahnya mencoba untuk membuat variasi bento yang lucu dan unik. Anak-anak pasti senang bila bisa menyantap kreasi bento yang menggiurkan. Lengkapi isi bento dengan sayuran, sumber protein hewani, dan sumber protein nabati yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Mengajak Anak Beraktivitas Fisik

Jangan biarkan anak yang kelebihan berat badan malah asyik bermain gadget atau bermalas-malasan sepanjang hari. Ajak anak-anak untuk beraktivitas fisik di dalam rumah dan luar rumah. Sehingga timbunan lemak dalam tubuh anak bisa diubah menjadi energi untuk beraktivitas. Biarkan anak bermain dengan teman sebayanya, bersepeda, atau melakukan aktivitas fisik menyenangkan lainnya.

Mengawasi Kebiasaan Jajan Anak

Jajan di luar rumah juga bisa menjadi pemicu kelebihan berat badan pada anak. Oleh karena itu, kita mesti lebih teliti mengawasi kebiasaan jajan anak. Jangan sampai anak malah jajan berlebihan dan mengalami kelebihan asupan gizi akibat jajanan tersebut. Jajanan yang mengandung zat aditif berupa perasa, pewarna, dan pengawet juga dapat mempengaruhi kualitas kesehatan anak. Pastikan bahwa anak mengonsumsi jajanan yang sehat setiap saat.

Baca Juga: Pola Makan Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu

Ternyata cara menguruskan badan bukan hanya dibutuhkan oleh orang dewasa saja. Anak-anak yang kelebihan berat badan juga wajib mendapat penanganan intensif. Supaya berat badannya kembali normal dan tidak mempengaruhi kesehatan serta tumbuh kembangnya.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY