4 Trik Supaya Anak Doyan Makan Sayur Dan Buah

SHARE

Mengonsumsi buah dan sayur adalah sebuah keharusan yang harus Anda lakukan. Makan buah dan sayur penting untuk memenuhi gizi buah hati Anda.

Sayangnya, tidak semua orang suka makan sayur dan buah-buahan. Tak jarang anak0-anak menganggap buah dan sayur hanya sebagai pelengkap makanan saja dan tidak wajib untuk dikonsumsi.

Padahal buah dan sayur berguna untuk memperlancar buang air besar si kecil. Sayur-sayuran dan buah-buahan terbukti bisa membuat anak sehat karena sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal virus penyebab sakit.

Supaya anak doyan makan sayur dan buah-buahan, ada bebergai cara yang bisa Anda tempuh. Cara ini sudah terbukti ampuh membuat anak Anda doyan makan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Bawakan Anak Bekal untuk di Sekolah

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengumumkan bahwa sedang ada salah satu program yang sedang diuji untuk menghindari anak jajan sembarangan yakni dengan membawakan anak bekal untuk disekolah. Cara ini bisa Anda lakukan dengan memberikan anak makanan sehat yang terdiri dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Meski anak hanya makan sedikit dan lebih banyak jajan, seiring berjalannya waktu, anak akan terbiasa untuk makan sayur dan buah-buahan tersebut. Bila anak sering mengabaikan bekal yang Anda berikan cobalah untuk membuatkan menu-menu bekal anak yang menarik perhatian. Usahakan sisipkan sayur dan buah sebagai bahan utama pembuatan menu tersebut.

Lakukan Variasi MPASI

Salah satu penyebab anak menolak makan buah dan sayur adalah menu sayur yang dimasak itu-itu saja. Cobalah untuk memvariasikan menu makanan anak yang mengunggah selera makannya. Anda bisa mencari variasi menu bekal anak yang enak di internet atau buku-buku masak.

Bermain dengan Makanan

Disela-sela waktu libur atau waktu senggangnya, cobalah untuk membiarkan anak bermain terlebih dahulu baru makan. Trik ini sangat ampuh untuk mendorong anak-anak makan buah san sayur tanpa perlu Anda paksakan. Secara alami mereka akan mengonsumsi bahan-bahan makanan sehat tersebut selesai bermain. Anak tidak akan lagi melihat sayur dan buah-bahan sebagai menu yang mereka benci karena rasanya tidak enak dan sedikit pahit.

Baca Juga: Bagaimana Cara Untuk Menghentikan Kebiasaan Anak Ngedot 

Padanan Rasa yang cocok Untuk Anak

Salah satu cara untuk membiasakan anak mengonsumsi sayur dan buah-buahan adalah dengan mencari pasangan makanan yang cocok dengan sayur dan buah. Misalnya menu bayam dengan ayam bakar, sayur lalapan dengan ayam goreng. Carilah padanan rasa yang cocok untuk Anak. Si kecil pun akan lahap untuk menyantapnya.
.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY