Cara Mengatasi Kebiasaan Anak Suka Ngompol Saat Tidur

SHARE
cara-mengatasi-kebiasaan-anak-suka-ngompol-saat-tidur

Mengompol atau  Nocturnal Enuresis adalah istilah seseorang yang memiliki kebiasaan buang air tanpa disadari. Kebiasaan ngompol sering dilakukan saat tertidur lelap. Mengompol merupakan hal yang paling sering dialami oleh anak-anak.

Nocturnal Enurses pada anak masih dianggap normal apabila usianya masih 1 sampai 4 tahun. Anak masih dalam katagori balita. Namun pada kenyataannya, anak yang berusia lebih dari 7 tahun masih saja memiliki kebiasaan ini.

Padahal, usia 7 tahun atau masuk dalam tahap pendidikan sekolah dasar seharusnya sudah bisa mengatur waktu kapan waktunya untuk buang air kecil ke toilet karena pada dasarnya usia tersebut, kantong kemihnya sudah stabil.

Banyak faktor yang menyebabkan anak suka mengompol diantaranya faktor keturunan dan psikologis, faktor hormon vasopressin dan produksi air kemih, tidur terlalu nyenyak namun memiliki kandung kemih yang lebih kecil, mengalami keterlambatan proses pematangan sistem saraf, dan faktor lainnya.

Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan anak mengompol saat tidur?

Jika dilihat dari kepercayaan zaman dulu, capung yang mengigit pusar anak dapat menghilangkan kebiasaan anak suka mengompol. Padahal cara tersebut belum terbukti secara ilmiah namun sayangnya banyak orangtua yang masih mempunyai kebiasan itu.

Ada cara yang bisa anda tempuh untuk menghilangkan kebiasaan anak mengompol yakni dengan melakukan terapi kebiasaan dengan cara dibawah ini.

1. Pastikan anak minum 6 gelas sehari agar asupan cairan tubuhnya terpenuhi. Selain itu pastikan anak anda menghindari minuman yang mengandung kafein, susu, cokelat, dan bersoda. Minuman-minuman tersebut mengandung diuretik yang menyebabkan kantung kemihnya menjadi tidak stabil.

2. Terapkan minum 30 menit sebelum tidur. Sebelum tidur bawalah anak Anda ke kamar mandi. Secara tidak sadar, anak akan langsung buang air kecil. Dengan begitu, saat anak tidur, kantung kemihnya dalam keadaan kosong dan cara ini sangat efektif untuk mencegah anak untuk mengompol.

3. Ciptakanlah kondisi kamar anak yang kondusif seperti menghidupkan lampu tidur sepanjang malam. Langkah ini ditempuh agar Anak tidak merasa takut untuk berjalan sendiri ke kamar mandi saat terbangun dimalam hari.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Anak Kuat Saat Aktivitas Sekolahnya Padat? 

4. Jika anak anda berusia lebih dari 7 tahun namun tetap memiliki kebiasaan mengompol sebaiknya lakukan teknik regresi guna mencari tahu adanya gangguan psikologis yang menyebabkan anak sulit menghilangkan kebiasaan Nocturnal Enuresis. 

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY