Tips Mengajarkan Anak Mengemudi Mobil

SHARE
tips-mengajarkan-anak-mengemudi-mobil

Semakin anak tumbuh dan berkembang, tentu anak ingin lebih memperdalam wawasannya termasuk cara mengemudikan mobil.

Anak yang sudah tumbuh menjadi anak remaja dan anak dewasa, pastinya kebutuhan akan mobilitasnya juga semakin banyak.

Terlebih lagi jika anak lahir dari keluarga yang mempunyai kesibukan masing-masing, anak-anak dituntut untuk belajar mandiri untuk menjalankan rutinitas sehari-harinya.

Sebelum anda mengajarkan anak mengemudikan mobil, ada beberapa perhatian khusus yang tidak boleh luput dari perhatian anda. Mengemudi merupakan perilaku yang membutuhkan beberapa pengetahuan serta tanggung jawab.

Mengemudi mobil bukan hanya teknik dan mengandalkan kemampuan saja tetapi ada aspek-apek yang perlu anda perhatikan.

Jika anda hendak mengajarkan anak mengemudi ada beberapa hal yang musti anda perhatikan.

Beberapa poin penting mengajarkan anak mengemudi

1. Pastikan anak paham peraturan lalu lintas

Pengetahuan peraturan lalu lintas sangat penting untuk seseorang pahami sebelum memulai belajar mengendarai mobil. Ada banyak peraturan lalu lintas mulai dari lampu merah dan lambang-lambang rambu-rambu lalu lintas. Sebelum mengajarkan teknik mengemudi sebaiknya berikan pengetahuan tentang peraturan lalu lintas dan beberapa arti dan makna rambu-rambu yang ada di jalanan. Pastikan anak benar-benar paham. Kalau perlu anda bisa mengadakan ujian tertulis atau cara lain untuk mengetahui anak apakah sudah paham mengenai peraturan lalu lintas.

2. Kenali fitur dan fungsi yang ada pada mobil

Ajak anak masuk kedalam mobil, kenali fitur dan fungsi yang ada pada mobil. Meski saat ini brand mobil berbeda-beda. Pada dasarnya mobil mempunyai fitur dan fungsi yang sama. Perlu perhatian khusus saat anda mengenalkan fitur dan fungsi tersebut kepada anak. Tidak perlu menggunakan bahasa yang sulit, anda cukup menggunakan bahasa sehari-hari saat mengenalkan fitur dan fungsi pada mobil ini.

3. Tanamkan prinsip berkendara yang aman

Setelah anda memastikan anak siap untuk menerima pelajaran tentang teknik mengemudi dengan baik. Sebaiknya saat mengajarkan anak teknik mengemudi, sertakan prinsip berkendara yang aman seperti memberikan jalan kepada penyebrang, tidak boleh melebihi kecepatan jika sedang berada dijalan yang sempit dan padat, dan prinsip-prinsip lainnya. Jangan biarkan anak mengemudi sendiri jika skill mengemudinya masih belum memungkinkan

Baca Juga: Penting! Ini Cara Mengenalkan Menstruasi Pada Anak  

4. Lebih baik gunakan jasa setir mobil

Bila anda tidak memungkinkan untuk menyediakan waktu mengajarinya mengedumi anda bisa mengandalkan jasa setir mobil. Selain mudah, menggunakan jasa setir mobil jauh lebih aman.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY