Penting! Ini Cara Mengenalkan Menstruasi Pada Anak

SHARE
penting-ini-cara-mengenalkan-menstruasi-pada-anak

Sebagai orangtua yang baik, anda harus mengenalkan banyak hal pada anak termasuk hal tabu sekalipun. Mengenalkan banyak hal yang bermanfaat untuk pengetahuannya sangat penting untuk dinicaran saat se-usianya.

Lantas apa sajakah hal yang wajib dibicaran anak saat memasuki masa remaja?
Berikan pengetahuan seputar kehamilan. Anda bisa menjelaskan bagaimana bayi bisa lahir, organ intim, seks, dan menstruasi.

Pengetahuan tersebut sangat penting untuk dibacarakan saat anak remaja supaya anak bisa mengetahui hal-hal yang tidak boleh dilakukan terlebih lagi jika anak anda berjenis kelamin perempuan.

Anak remaja perempuan, sangat penting mengenal tentang masa reproduksi, terutama fase menstruasi. Pasalnya setiap perempuan akan mengalami masa haid atau yang lebih dikenal menstruasi.

Sudah siap mengenalkan pengetahuan menstruasi pada anak? Tidak perlu merasa canggung, anda bisa mencoba beberapa hal saat mengenalkan menstruasi pada anak.

Pelajari hal yang belum anda kuasai

Sebelum memberikan pengetahuan kepada anak tentang menstruasi sebaiknya ingat pelajaran Biologi masa SMP atau SMA. Pelajari terlebih dahulu pengetahuan reproduksi. Anda bisa membuka buku sekolah dulu atau membacanya di internet. Bagaimanapun orangtua harus bisa menjelaskan secara gamblang agar anak paham tentang menstrusi.
Jelasakan dengan bahasa yang sederhana atau menggunakan perumpamaan

Jika menjelaskan secara teori yang anda baca, seringkali membuat anak bingung. Jelaskan dengan bahasa yang sederhana atau menggunakan perumpamaan. Misal “saat pilek kamu membutuhkan tisu. Nah, saat darah keluar dari vagina (menstruasi) kamu membutuhkan pembalut,”. Itulah contoh perempamaan yang bisa anda tiru.

Coba mengenalkan pembalut

Ada banyak pembalut yang ada dipasaran. Maka itu saat anda ingin menjelaskan mengenai menstruasi anda harus membawanya. Bawalah contoh-contoh pembalut yang ada. Sebab ada begitu banyak pembalut mulai dari pembalut bersayap, hingga pembalut tipis yang disebut dengan pentiliner.

Baca Juga: Mengapa Anak Selalu Dapat Nilai Buruk di Sekolah? Inidia Jawabannya! 

Coba bersikap santai

Tidak perlu merasa gugup saat berbicara kepada anak mengenai menstruasi. Posisikan diri anda sebagai guru yang ingin menjelaskan beberapa ilmu kepada muridnya. Jika dirasa anda terlalu canggung membicarakan menstruasi pada anak, anda bisa membawa buku sebagai bahan pengetahuan dasar mengenai reproduksi.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY