Mengapa Anak Selalu Dapat Nilai Buruk di Sekolah? Inidia Jawabannya!

SHARE
mengapa-anak-selalu-dapat-nilai-buruk-di-sekolah-inidia-jawabannya

Sebagian orangtua yang memperhatikan tumbuh kembang anaknya secara cermat mungkin merasa bingung kenapa anaknya disekolah selalu mendapatkan nilai yang buruk?

Padahal anda sudah memberikan berbagai asupan sehat hingga suplemen yang diklaim bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak anak.

Meski demikian, makanan yang sehat dan vitamin tak cukup untuk membantu kecerdasan. Ada beberapa faktor lain yang kemungkinan besar menjadi penyebab kenapa anak anda selalu mendapatkan nilai jelek disekolahnya. Diantaranya adalah anak kesulitan belajar.

Coba selidiki labih lanjut penyebab utama anak merasa sulit untuk menyerap beberapa pelajaran yang diterimanya. Cari tahu dengan cara dibawah ini.

Penyebab Anak Sulit Belajar

Ada dua penyebab anak sulit belajar. Pertama disebabkan adanya faktor internal dan kedua adanya faktor eksternal. Yuk mom simak lebih lanjut.

Faktor Internal

Fisik Anak: Salah satu penghambat kecerdasan anak adalah kondisi fisik anak. Bila anak anda menderita penyakit epilepsi/kejang, kurang gizi, adanya gangguan sebelum kelahiran anak diantaranya kelainan kromosom, stress pada saat ibu mengandung, penyakit yang dialami ibu saat kehamilan, konsumsi obat-obatan, rokok atau alkohol saat ibu mengandung serta adanya gangguan saat proses persalinan yang menyebabkan adanya infeksi otak karena virus/bakteri, kekurangan gizi adalah penyebab utama penghambat kecerdasan anak.

Psikis Anak: Faktor internal anak sulit untuk belajar adalah psikologinya. Misal si kecil mengalami trauma hebat untuk belajar akibat anda terlalu memaksa dan menekannya dengan cara melakukan kekerasan agar anak mau belajar. Hal ini membawa dampak buruk untuk anak sehingga anak sulit untuk berkosentrasi dan adanya gangguan kecemasan yang mempengaruhi moodnya untuk belajar.

Faktor Eksternal

Keluarga: Kondisi keluarga juga menjadi penyebab anak sulit untuk belajar. Keluarga yang tidak harmonis selalu bertengkar, kurangnya perhatian dari orangtua merupakan penyebab anak anda selalu mendapatkan nilai buruk. Anak akan mengabaikan pelajarannya karena kurangnya perhatian dari orangtua dan kondisi keluarga yang membuatnya menjadi pribadi yang tidak peduli dengan hal apapun termasuk pendidikannya. Anak akan lebih gemar untuk bermain bersama teman-teman untuk mencari kesenangannya ketimbang berada di rumah dengan kondisi keluarga yang tak lagi harmonis.

Sekolah: Anda perlu wasapa diantara beberapa temannya yang jahil suka memberikan perilaku buruk terhadapnya merupakan penyebab anak selalu merasa kesulitan belajar. Anak akan dihadapi rasa cemas saat datang ke sekolah. Anak menjadi takut bahkan akan memberikan ribuan alasan untuk tidak masuk sekolah. Cari tahu siapa yang selama ini mengusik anak anda agar menghindari adanya bullying.

Baca Juga: Makanan Anak Sehat dan Cocok Untuk Dikonsumsi Saat Musim Hujan

Solusi mengatasi anak sulit belajar adalah komunikasi. Ajak anak untuk mau bercerita jika ada masalah yang dihadapi oleh anak. Berikan perhatian yang lebih agar anak kembali fokus belajar.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY