Tips Sebelum Mengajak Bayi Berenang

SHARE
tips-sebelum-mengajak-bayi-berenang

Anak-anak suka bermain air.

Tak heran kalau tempat wisata air kolam renang selalu penuh dengan anak-anak.

Alasan itulah yang terkadang membuat para orangtua berani untuk mengajak anaknya yang masih bayi untuk berenang.

Padahal sebelum mengajak bayi berenang, ada beberapa hal yang patut diperhatikan orangtua.

Nah apa saja hal-hal yang diperhatikan saat hendak mengajak bayi berenang?

Dirangkum cerianakitacom berikut ini adalah hal-hal yang harus diketahui orangtua yang ingin mengajak bayinya berenang.

Mengajarkan Bayi Berenang

Kapan Bayi Boleh Berenang?

Banyak orangtua bertanya-tanya usia berapa anak bisa diajak berenang. Selama si kecil sudah dapat meneggakkan kepalanya maka anda boleh mengajarkan aktivitas berenang dia air kepada si kecil. Pastikan suhu air cukup hangat dan pilihlah waktu yang tepat saat mengajaknya beranang. Pastikan bukan waktu tidur atau jam makan bayi. Meski begitu American Academic of Padiatric menyarakan usia minimal anak berenang yakni 4 tahun ke atas.

Apa Manfaat Berenang untuk Anak?

Manfaat berenang untuk bayi adalah untuk menstimulasi motorik anak, melatihnya keberanian dan juga baik untuk kesehatannya. Berenang juga dapat menguatkan otot jantung serta memperbaiki sistem kardiovaskular pada anak. Manfaat lain mengajarkan bayi berenang adalah si kecil memiliki kesimbangan fisik yang baik. Bayi juga akan cenderung menjadi percaya diri. Tak heran anak-anak yang mengkuti kelas berenang sejak dini terlihat lebih unggul perkembangannya baik fisik, sosial, bahasa, dan kognitif.

Berapa lama bayi boleh ada didalam air?

Waktu yang disarankan saat bayi berenang adalah 20 sampai 30 menit dan dua sampai tiga kali alam seminggu. Frekuensi dan durasi berenang ini sangat ideal agar mencegah anak dari rasa dingin yang mempermudah timbulnya penyakit pada anak.

Baca Juga: 3 Cara Mencegah Anak Berbohong kepada Orangtua 

Aturan di Kolam Renang

Setiap pengelola kolam renang mempunyai peraturan untuk tidak kencing didalam kolam renang dan tidak makan dan minum di dalam air. Maka itu pastikan bayi anda sudah terlebih dahulu buang air kecil atau buang air besar agar si kecil bisa berenang dengan aman dan nyaman.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY