3 Cara Mencegah Anak Berbohong kepada Orangtua

SHARE
3-cara-mencegah-anak-berbohong-kepada-orangtua

Sebagai orangtua yang sibuk mungkin sangat sulit mengawasi kegiatan anak sehari-hari. Tak heran kalau anda sebagai orangtua, anda mungkin tak tahu kalau sedang “dibohongin anaknya”.

Umumnya, anak-anak akan berbohong untuk menghindari konsekuensi atau hukuman dari perbuatan mereka. Pasalnya seringkali anda memaki, membentak, hingga memberikan pukulan pada anak yang melakukan kesalahan.

Mau disiplin apapun dan memberi hukuman apapun tidak menjamin untuk anak anda bisa selalu jujur. Lalu bagaimana cara agar anak tidak mempunyai kebiasaan untuk berbohong?

Bagaimana cara untuk mencegah anak mempunyai kebiasaan untuk berbohong?

Tips Menghilangkan Kebiasaan Berbohong Pada Anak

1. Ajari Untuk Menghargai Kebenaran

Bila anak akhirnya berani untuk mengatakan yang sebenarnya kepada orangtua, sebaiknya anda menghargai pengakuannya tanpa perlu menghakimi, membantaknya, apalagi memberinya pukulan. Anak pun akan belajar untuk menghargai kebenaran dan tidak akan mencoba untuk berbohong lagi kepada orangtuanya

2. Ajak Anak Untuk Memecahkan Masalah Bersama-Sama

Setelah anak mengaku kesalahannya. Ajaklah untuk duduk bersama-sama untuk mencari solusi terbaik. Cara ini akan membuat anak percaya diri bahwa anda adalah sosok orangtua yang terbaik untuk diajak mencurahkan hati dan mau membantu anak anda. Tak hanya itu saja, cara ini juga bisa membuat anak anda sadar bahwa anda bukan sekedar orangtua melainkan teman atau sahabat baginya.

3. Biarkan Anak Untuk Mencoba Mengambil Keputusan Atau Pilihannya

Biarkan anak untuk mengeksplorasi keinginannya. Entah ia ingin menonton film apa, atau pakaian yang ingin ia pakai. Seringkali orangtua membatasi dan memutuskan kegiatan anak. Dengan hal ini anak akan merasa keputusannya akan dihormati dan akan menghidari kebiasaan anak untuk berbohong kepada orangtuanya.

Baca Juga: Trik Ampuh Agar Anak Betah di Dalam Rumah 

4. Berikan Pendidikan Agama Untuknya

Tak hanya pendidikan akademisnya saja, pendidikan religi juga dibutuhkan anak. Dengan memberikannya pendidikan agama sejak dini, anak anda tahu bahwa berbohong merupakan hal yang tidak disukai tuhan dan mendapatkan dosa besar terlebih lagi berbohong kepada orangtua. Memberikannya pendidikan agama akan menjauhkan perbuatan tercela.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY