Tips Mencegah Anak Sakit Flu dan Batuk

SHARE
tips-mencegah-anak-sakit-flu-dan-batuk

Cuaca yang tak menentu merupakan faktor utama penyebab anak mudah terserang berbagai macam penyakit. Mulai dari demam, flu, hingga batuk. Ketiga penyakit ini menjadi penyakit yang sering menimpa anak-anak.

Meski tergolong penyakit ringan, jika dibiarkan, anak-anak akan tersiksa dan terus menerus akan merasa sakit. Pertolongan pertama yang anda bisa berikan adalah memberikan obat demam, batuk, dan flu khusus untuk anak-anak.

Jika tidak ada perubahan setelah mengonsumsi obat tersebut, segeralah untuk datang ke rumah sakit atau klinik terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama sebab jika jika dibiarkan penyakit itu bisa membahayakan anak anda dan orang lain. Flu dan batuk adalah dua penyakit menular. Penularannya bisa melalui udara yang masuk ke pernafasan anak-anak.

Meski begitu, jangan batasi anak untuk bermain. Tidak perlu terlalu khawatir anak akan terkena bakteri atau virus penyebab flu dan bati asalkan ada melakukan beberapa pencegahan agar anak terhindar dari sakit batuk, flu, dan demam.

Yuk Mom, catet inidia cara mencegah anak sakittips-mencegah-anak-sakit-flu-dan-batuk

1. Jaga Kebersihan

Cara ampuh untuk mencegah anak anda terserang penyakit adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Caranya mudah, anda perlu menanamkan sikap untuk selalu menjaga kebersihan pada anak anda. Biasakan untuk mandi dua kali sehari, selalu mencuci tangan sebelum makan, dan selalu mandi setiap bermain diluar. Dengan mendorong kebiasaan ini juga anak akan mempunyai sikap mandiri dan disiplin serta kesehatan anak akan tetap terjaga.

2. Berikan pelajaran kesehatan

Tidak sulit untuk membuat anak tahu bahwa kesehatan amat sangat penting baginya. Berikan sedikit pelajaran kesehatan. Ajarkan kepada anak untuk selalu menutup mulut atau hidung mereka ketika ada seseorang yang bersin atau batuk. Cara ini akan membuat anda tahu bahwa ada banyak kuman dan virus yang bisa menyebabkannya sakit.

3. Berikan Anak Makanan Sehat

Membiasakan anak untuk menjaga kesehatannya saja tidaklah cukup untuk mencegah penyakit tersebut menyerangnya. Si kecil juga membutuhkan asupan makanan yang memperkuat metabolisme tubuhnya. Oleh karena itu, berikan anak makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi dan gizi yang berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Kedua makanan ini cukup untuk memenuhi asupan anak sehari-hari. Dengan metabolisme tubuhnya yang kuat anak pun akan lebih kuat untuk melawan serangan penyakit-penyakit tersebut.

Sayangnya cukup sulit untuk anak mau makan sayuran dan buah-buahan. Anak akan menutup mulutnya saat anda memberikan makanan dari kedua bahan tersebut. Jika anak sulit makan sayur dan buah-buahan. Anda bisa memberikannya asupan nutrisi lain dari Laperma Platinum. Suplemen penambah nafsu makan ini akan membuat anak menyukai apa saja makanan sehat yang anda berikan.

Baca Juga: 4 Makanan yang Tidak Disukai Anak-Anak

4. Vaksin Flu

Cara kedua untuk mencegah anak sakit flu dan batuk adalah dengan vaksin. Anda bisa datang kerumah sakit atau klinik terdekat untuk memberikan anak vaksinasi flu dari sang dokter.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY