4 Tips Atasi Cemas Anak Karena Gempa Bumi

SHARE
5-tips-atasi-cemas-anak-karena-gempa-bumi

Bencana alam memang tidak bisa di prediksi kapan terjadinya. Baru-baru ini Indonesia kembali berduka lantaran wilayah Aceh kembali diguncang gempa berkkuatan 6,4 Skala Richter (SR) di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh.

Bukan hanya orang dewasa saja, anak-anak yang berada disana tentu akan merasakan kepanikan, trauma dan cemas jika sewaktu-waktu gempa kembali terjadi.

Jika anak-anak dibiarkan cemas, anak pun rentan mengalami stres. Yuk moms kalau anak anda terlihat begitu cemas pasca gempa. Cepat atasi segera dengan berbagai cara.

Untuk membantu memulihkan mental anak usai gempa, anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Berikan informasi seputar gempa

Anda bisa memberikan informasi seputar gempa dengan kalimat yang mudah dipahami anak. Berikan anak informasi yang mudah dipahami dengan menunjukan peragaan persiapan sebelum gempa agar jika terjadi gempa kembali, anak-anak sudah tahu apa yang akan dilakukannya dibandingkan panik. Biarkan anak melontarkan pertanyaan apapun tentang gempa. Pastikan anak menganggap gempa bukanlah ancaman besar yang bisa membahayakan nyawanya.

2. Berikan anak aktivitas yang menghibur

Rasa cemas pada anak pasca gempa memang wajar terjadi dan kerap kali membuat anak takut untuk keluar rumah apalagi pisah dengan orangtuanya. Untuk itu atasi segera kecemasan anak dengan memberikan aktivitas yang menghibur misalnya menonton film yang ia suka, mengajaknya pergi liburan, atau memberikan kertas dan steadler pensil terbaik untuk anak. Cara ini sangat ampuh untuk anak cepat melakukan pengalaman gempa yang pernah dialaminya.

3. Konsultasikan ke dokter anak

Jika anak masih menunjukan kecemasan dan ketakutannya terhadap gempa sehingga merubah perilakunya, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan serius. Kemungkinan anak merasakan sakit akibat gempa yang tidak berani ia ucapkan kepada anda. Sang dokter akan membantu anda memberikan solusi yang tepat untuk mengelola rasa cemas anak.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Buruk Anak yang Bisa Mempengaruhi Kesehatannya

4. Jangan sesekali anda terlihat cemas

Bagi anak gempa adalah bencana alam yang menakutkan. Tanah bergetar dan rumah berguncang. Hal inilah yang akan selalu diingat anak. Untuk membuat anak tidak cemas jangan mencoba untuk memperlihatkan raut wajah cemas anda kepada anak sebab hal ini bisa membuat anak semakin cemas dan stress.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY