4 Kebiasaan Buruk Anak yang Bisa Mempengaruhi Kesehatannya

SHARE
4-kebiasaan-buruk-anak-yang-bisa-mempengaruhi-kesehatannya

Anak memang mempunyai kebiasaan favoritnya. Kebiasaan anak bisa menjadi ciri khas usianya. Hal ini wajar karena anak akan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Tapi tahukah anda bahwa ada beberapa kebiasaan anak yang tidak boleh dibiarkan saja karena bisa berdampak buruk terhadap kesehatannya.

Contoh sederhana kebiasaan anak yang memicu risiko anak sakita dalah menghisap jari tangannya dan memilih-milih makanan yang ia suka.

Sekali atau dua kali mungkin anda biarkan, tapi jika anda membiarkannya terlalu lama maka akan muncul dampak negatif terhadap kesehatannya Si kecil. Daripada terlambat ada baiknya anda mengetahui beberapa kebiasaan anak yang harus anda perhatikan dan cegah.

Tips Mencegah Anak Sakit

1. Mengisap jari tangannya

Salah satu kebiasaan anak yang paling sering dilakukan adalah mengisap jari-jarinya. Padahal mengisap jari bisa menimbulkan penyakit pencernaan akibat disela-sela kukunya pasti terdapat kotoran yang penuh dengan kuman dan bakteri. Sebelum terlambat cegah anak untuk melakukan kebiasaan ini dan perhatikan kebersihan kuku-kukunya.

2. Mau Makan Tertentu (Picky Eating)

Jangan pernah membiasakan anak untuk selalu memilih-milih makanan yang akan ia makan. Jika dibiasakan, sampai dewasa anak akan sulit makan jika tidak mengonsumsi makanan kesukaannya.

Sebelum hal itu terjadi oleh sebab itu cegah hal ini dengan berbagai stratefi misalnya saja mengajak anak masak atau selipkan bahan-bahan makanan sehat ke makanan kesukaannya. Cara lain yang bisa anda tempuh adalah membuat kreasi makanan yang menarik agar menarik selera makannya.

3. Makan sesuatu yang dipegangnya

Memang sih, sebaiknya bebaskan anak dalam berkaya tapi kalau mempunyai kebiasaan untuk memakan benda yang dipegangnya bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Misalnya saja anak mencoba untuk menjilat pensil warna yang sedang digunakannya untuk mewarnai.

Jika pensil warna yang diguanakan terbuat dari bahan kimia yang berbahaya tentu sangat mebahayakan kesehatan hingga jiwanya. Cegah hal itu dengan memperhatikan benda-benda yang dipegang anak.

Caranya mudah yakni menyiapkan kebutuhannya yang terbuat dari bahan yang aman seperti Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak yang terbuat dari bahan-bahan alami dan kandungan pewarna yang tidak berbahaya. Anak bisa berkreasi tanpa batas.

4. Hobi banget Nyedot Botol Susu atau Empeng

Botol susu dan empeng adalah kebutuhan anak yang tidak dapat dihindari. Botol susu dan empeng bisa membantu anak untuk lebih mudah minum susunya.

Baca Juga: Tips Mengenalkan Dunia Kerja Pada Anak Sejak Dini 

Tapi ada baiknya untuk mulai membiasakan anak untuk tidak bergantung pada botol susu dan empeng lagi sebab selain membuat anak tidak mandiri, anak juga rentan terkena gigi tongos hingga infeksi kulit atau kuman yang ada di botol susu atau empeng anak anda.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY