Perawatan Rambut Bayi Baru Lahir

SHARE
Perawatan Rambut Bayi Baru Lahir

Bayi yang baru lahir biasanya sudah memiliki rambut. Ada yang memiliki rambut hitam dan tebal, ada pula yang memiliki rambut tipis. Semua itu tergantung genetik dan nutrisi yang dimakan sang ibu ketika hamil.

Perawatan rambut bayi baru lahir juga tidak boleh sembarangan. Jika anda merawatnya secara sembarangan, bisa-bisa akan membuat kulit kepalanya iritasi.

Jika sudah iritasi, maka baby pun akan merasakan perih ketika anda memandikannya. Bisa-bisa sang bayi akan selalu menangis karena merasakan rasa perih.

Lalu bagaimanakah cara merawat rambut bayi anda setelah lahir dengan baik? Anda bisa simak yuk tipsnya.

Tips Merawat Rambut Bayi Agar Tetap Sehat

Perawatan Rambut Bayi Baru Lahir

1.  Sikat Berbulu Lembut

Anda pasti bingung bukan ketika memilih sisir yang baik untuk si kecil yang baru lahir? Caranya mudah, anda bisa memilih sikat berbulu. Perawatan rambut bayi dengan benda ini lebih disarankan. Bulunya yang lembut juga tidak akan melukai kulit kepala bayi. Agar lebih yakin, sebelum menyisirkan ke kepala bayi anda cobalah menyisir tangan anda.

2.  Gunakan Shampoo Khusus Bayi

Jika anda ingin mencuci rambut si kecil, anda wajib menggunakan shampoo khusus bayi. Shampoo bayi dirancang dengan pH yang sesuai dengan kulit kepala bayi anda sehingga ketika menggunakannya tak membuat iritasi pada kulit kepala. Selain itu shampoo bayi juga dibuat dari bahan yang tidak pedih di mata bayi anda. Tapi untuk amannya, jangan sampai busa shampoo mengenai matanya.

3. Pakai Kondisioner

Sering kali seorang ibu bertanya, apakah perawatan rambut bayi baru lahir perlu menggunakan kondisioner. Bayi yang baru lahir sebenarnya tidak memerlukan kondisioner untuk rambutnya. Pada dasarnya bayi baru lahir sudah memiliki rambut yang lembut. Anda hanya perlu menggunakan krim rambut khusus bayi.

Baca Juga: Cara Mengajarkan Anak Mandiri

Penggunaan krim rambut bayi sebaiknya digunakan saat rambut bayi sudah panjang dan usia bayi anda sudah cukup umur. Gunakanlah krim rambut yang mengandung ekstrak lidah buaya atau aloe vera. Ekstrak lidah buaya berguna untuk merangsang rambut si kecil agar cepat tumbuh dan lebih lebat.

Bukan hanya kesehatan tubuh si kecil yang perlu diperhatikan. Kesehatan rambutnya juga perlu diperhatikan, karena rambutnya juga berguna untuk menunjang penampilannya saat ia dewasa kelak. Demikianlah tips perawatan rambut bayi baru lahir.Sekarang anda sudah tahu bukan cara merawat rambut pada bayi yang baru lahir. Semoga tips ini membantu anda untuk merawat rambut si kecil.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS