Berapa Umur Anak yang dianjurkan Untuk Belajar Melatih Makan Sendiri?

SHARE
berapa-umur-anak-yang-dianjurkan-untuk-belajar-melatih-makan-sendiri

Moms tahukan anda bahwa mengajarkan anak belajar mandiri seperti melatih anak untuk makan sendiri ada beberapa hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian anda.
Melihat usia atau umur anak adalah hal penting.

Jika umurnya belum cukup kemungkinan besar saat anda melatihnya makan sendiri ada beberapa hal yang terjasi seperti makanan jadi berantakan, dan sang anak malah tidak memiliki selera untuk makan dan memainkan makanannya.

Bisa kebanyang bukan rumah anda bisa berantakan dan belum lagi baju sang anak akan kotor terkena noda-noda makanan. Tidak heran akhirnya moms lebih memilik untuk menyuapi anak dengan tujuan agar lebih cepat dan mudah.

Bahkan ada juga yang menggunakan alat bantu seperti gadget seperti televisi dan handphone agar anak bisa tenang dan anak mau makan.

Bagaimana Cara Mengajarkan Anak Belajar Makan Sendiri?

Berdasarkan keterangan psikolog anak, Anna Sutri Ariana S.Psi., M.Si., mengatakan bahwa proses mengajarkan anak belajar makan sendiri dibutuhkan beberapa hal penting yang tidak boleh dilewatkan untuk orangtua khususnya para ibu.

Selain umur, ada juga beberapa alat yang dibutuhakan untuk mengajari anak makan sendiri seperti menyiapkan garpu dan sendok. Kedua peralatan makan ini harus diperkenalkan terlebih dahulu demi menstimulasi motorik halus dan motorik kasarnya.

Awalnya mungkin anak akan lebih senang untuk memainkan makanannya ketimbang memasukan makana kedalam mulutnya. Tenang, lama kelamaan anak anda akan mulai memasukan makanannya kedalam mulutnya melalui garpu dan sendok yang anda berikan. Hal ini dikarenakan kedua motorik sudah berkoordinasi sehingga mempengaruhi kecerdasannya secara umum.

Bukan hanya meningkatkan kecerdasannya saja, saat anak belajar makan juga akan melatih konsentrasi da ketekukannya dibandingkan anda yang selalu menyuapinya makanan, memberikan tontonan televisi saat melatihnya, atau memberikan gadjet yang anda anggap bisa membuat anak untuk menyantap makanannya.

Memberikan anak tontonan televisi, gadjet dan lain sebagainya merupakan hal yang salah karena anak anda akan kehilangan kesempatan untuk melatih ketekunan dan kedisiplinannya. Selain itu, anak juga akan kehilangan banyak nutrisi lantaran tidak menikmati makanannya melainkan tontonan dan gadjet yang anda berikan.

Berapa Usia Anak Untuk Mengajarkannya Belajar Makan Sendiri?

Psikolog anak, Anna mengatakan umur atau usia anak yang tepat untuk belajar makan sendiri ketika buah hati kesayangan anda sudah bisa duduk. Anda bisa melakukan kebiasaan anak untuk belajar makan sendiri saat usianya 1 tahun lebih. Kunci agar anda berhasil mengajarkannya mandiri tentu tak lain adalah konsisten ya moms. Selamat mencoba.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY