3 Persiapan Sebelum Memberikan Susu Formula Pada Bayi yang Alergi Susu Sapi

SHARE
3-persiapan-sebelum-memberikan-susu-formula-pada-bayi-yang-alergi-susu-sapi

Terjadinya alergi susu pada buah hati memang bukanlah hal baru dan langka sebab banyak bayi juga mengalami kondisi serupa.

Alergi yang disebabkan oleh konsumsi susu selain ASI memang sering ditemui sehingga orangtua perlu tahu betul bagaimana penanganannya.

Pemberian ASI dianjurkan untuk mencegah anak mengalami alergi baik saat diberi susu formula di usia bayi maupun saat menginjak usia anak-anak.

Persiapan Sebelum Memberikan Susu Selain ASI

Di pasaran Kita akan menemukan alternatif susu bagi bayi diluar ASI yang Kita kenal sebagai susu formula. Sebelum memilihnya usahakan melakukan beberapa persiapan berikut:

1. Cek riwayat alergi pada keluarga
Alergi pada buah hati akibat konsumsi susu diluar ASI biasanya akan terjadi apabila selama ini memiliki catatan riwayat keluarga yang mengalami alergi serupa. Sebelum memberikan susu selain ASI ada baiknya mengecek riwayat alergi keluarga, apabila memang ada yang mengalaminya. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan pilihan.

2. Konsultasikan dahulu dengan dokter anak
Pemberian susu formula kadang tidak pula harus mengecek riwayat kesehatan keluarga namun bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. Alergi akibat konsumsi susu pada bayi memang tidak bisa dideteksi sejak dini kecuali bila memang sudah terjadi.

Akan tetapi dengan berkonsultasi orangtua bisa paham gejala alergi dan bagaimana penanganannya. Pihak dokter juga akan memberikan tips bagaimana memperkenalkan susu sapi kepada buah hati dengan benar. Sehingga orangtua tidak gagap memberikan asupan bernutrisi selain ASI.

3. Memilih jenis susu selain ASI yang ideal
Apabila sudah mengetahui apa saja gejala seorang bayi mengalami alergi terhadap susu selain ASI. Maka orangtua bisa melakukan penanganan tepat dengan segera kemudian bisa memilihkan susu formula jenis lain yang dirasa lebih ideal.

Baca Juga: Kiat-Kiat mengatasi Anak Susah Makan Sayur dan Buah

Susu formula ada yang dibuat khusus untuk bayi dengan alergi susu sapi sehingga dibuat rendah laktosa. Bahkan ada pula yang dibuat dari bahan dasar lain, misal susu kambing dan kedelai. Pertimbangkan memberikan Susu SGM pada buah hati jenis Soya ataupun LLM yang rendah laktosa yang kaya nutrisi seimbang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY