Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget Dengan 9 Aturan Main Ini

SHARE
cara-agar-anak-tidak-kecanduan-gadget-dengan-9-aturan-main-ini

Seiring dengan perkembangan zaman yang serba modern, anak biasanya akan meminta untuk dibelikan gadget berupa smartphone untuk bisa bermain. Membelikan anak berupa ponsel pintar sebenarnya sah-sah saja akan tetapi anda harus memperhatikan kondisi anak. Bagaimana pun ponsel akan memicu anak untuk kecanduan bermain.

Kecanduan bermain gadget pada anak bisa berdampak buruk pada kesehatannya terutama gangguan mata hingga hilangnya sikap sosialisasi pada dirinya. Anak akan lebih suka berada dirumah dibandingkan bermain bersama teman-temannya diluar yang sebenarnya mampu membuat wawasan anak menjadi lebih luas.

Gangguan mata pada anak akibat gadget antara lain kelelahan pada mata (astenopia), mata kering dan rabun jauh (miopia). Hal ini disebabkan karena mata anak anda memandang layar ponsel dengan waktu yang cokup lama, mata yang lelah juga bisa membuatkan anak pusing hingga mual.

Akan tetapi, jangan melarang anak anda bermain gadget akibat anda terlalu khawatir tentanag dampak gadget pada anak ini. Ada cara mensiasatinya agar anak anda tetap melakukan aktivitas seperni anak pada umumnya dengan menerapkan beberapa aturan bermain gadget ini.

Cara Agar Membuat Mata Anak Sehat Meski Bermain Gadget

1. Terapkan 2 jam dalam sehari untuk bermain ponsel pada anak, termasuk menonton tv, dan menatap layar komputer atau laptop.

2. Ajarkan kepada anak untuk melihat layar gadget baik layar ponsel, laptop, atau komputer minimal 30 cm. Hal ini untuk mencegah radiasi mata masuk ke mata anak yang bisa membuat matanya menjadi tidak sehat hingga diharuskan memakai kacamata.

3. Hindari penggunaan gadget sambil tiduran baik itu membaca atau menonton film di televisi untuk menghindari adanya kerusakan mata.

4. Perhatian pencahayaan gadget supaya tidak terlalu terang. Pasalnya, penchayaan yang terang bisa mempercepat timbul mata lelah. Perhatikan juga ruangan anak supaya memakai lampu yang tidak redup jika ruangan anak tidak mempunyai penchayaan yang baik.

5. Biasakan anak untuk mengonsumsi makanan sehat terutama untuk kesehatan matanya seperti Wortel. Sayuran yang satu ini mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan mata anak.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Kulit Anak Agar Tetap Sehat, Mulus dan Bersih

Jika anak menolak untuk memakan wortel, anda bisa membuatkan makanan kesukaannya dengan menyisipkan sedikit wortel didalam makanannya. Cara lain jika anak tetap menolak, anda bisa memberikan sedikit suplemen penambah nafsu makan anak bernutrisi untuk meningkatkan nafsu makan anak bertambah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY