3 Trik Memahami Karakter Anak Dengan Mudah dan Cepat

SHARE
3-trik-memahami-karakter-anak-dengan-mudah-dan-cepat

Setiap anak mempunyai karakter yang berbeda-beda. Ada yang pendiam, cerewet, hingga etemperamenpun ada. Pada umumnya, ada beberapa tipa karakter anak yang sering dijumpai yakni Penakut, Pemalu, Rewel, Aktif, Cerewet, Sulit diatur, hingga sangat sulit untuk diatur dan mendengar ucapan orangtuanya.

Akan tetapi ada juga beberapa orangtua yang sulit untuk mengatahui karakter anaknya karena kadang pendiam kadang sang anak memberontak.

Lantas bagaimana cara untuk mengenali karakter anak dengan mudah? Agar para orangtua bisa mengerti dan memahami untuk menghadapi buah hatinya.

Berikut ini cerianakita.com telah merangkun beberapa tips mudah untuk mengenali karakter anak dengan beberapa langkah berikut ini.

Tips Menghadapi Anak Berdasarkan Karakternya

1. Penakut atau Pemalu
Kalau anak anda sudah menunjukan rasa takut dan malu untuk bertemu dengan orang lain yang belum pernah ia kenal. Anda bisa menebak bahwa buah hati anda mempunyai karakter penakut dan pemalu. Memang karakter anak seperti ini sangat sulit untuk membuat anak mudah beradaptasi dengan orang lain. Jika dibiarkan maka sang anak hingga dewasa nanti akan sangat sulit untuk bergabung dengan aktivitas berkelompok seperti berorganisasi karena rasa takut dan pemalunya itu. Cara menghadapi anak yang malu dan takut ini sebenarnya mudah, anda sering-sering membawa anak ke tempat yang membuatnya nyaman dan bisa berbaur dengan anak-anak lainnya. Tidak perlu memaksan jika sang anak belum siap, anda bisa lakukan secara perlahan lalu meninggalkan sang anak dengan anak-anak yang lain.

2. Aktif dan Rewel
Berbeda dengan karakter anak yang pemalu dan penakut, anak yang aktif dan suka usik dengan orang lain dan selalu bergerak (sulit untuk diam) menanadakan bahwa buah hati anda sangat aktif. Biasanya anak yang aktif akan mudah rewel jika keinginanya tidak dikabulkan. Anda harus memiliki sabar yang eksra dalam mengahdapi anak yang aktif dan rewel. Tidak perlu khawatir, untuk menghadapi anak berkarakter aktif dan rewel anda cukup memperhatikan sang anak saja dan jauhkan benda-benda yang membahayakan untuk jiwanya. Jangan menghentikan aktivitas anak sebab anak akan menangis dan rewel sulit untuk didiamkan.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Kulit Anak Agar Tetap Sehat, Mulus dan Bersih

3. Penurut dan Pendiam
Berbeda dengan dua karakter diatas, karakter anak yang penurut dan pendiam adalah anak emas dan banyak diharapkan orang tua. Anda tidak perlu sulit untuk menghadapi anak berkarakter ini cukup berikan perhatian yang lebih dan tetap memperhatikan aktivitasnya. Jika anda mempunyai anak dengan karakter yang ini, anda patut mensyukurinya dan mendukungnya dengan cara memberikan kegiatan yang mengasyikan untuk bisa mengasakh kreativitasnya seperti mewarnai, menghitung, menulis, membaca, dan lain sebagainya. Cara ini ditempuh agar anak anda mempunyai bakat yang bisa anda asah sejak dini. Kalau anak lebih suka dengan gambar, anda bisa memberikan buku bergambar untuk diwarnai menggunakan pensil warna terbaik dan aman untuk dipakai anak-anak. (ms)

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY