6 Cara Merawat Kulit Anak Agar Tetap Sehat, Mulus dan Bersih

SHARE
6-cara-merawat-kulit-anak-agar-tetap-sehat-mulus-dan-bersih

Kulit Anak dengan kulit orang dewasa sangatlah berbeda. Kulit anak lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Hal inilah yang membuat munculnya produk perawatan kulit untuk anak yang marak dipasaran dan seringkali membuat para orangtua bingung.

Memang, perawatan kulit anak tidak boleh luput dari perhatian. Kulit anak haruslah dirawat dengan seksama agar tetap mulus dan bersih. Kulit anak yang sehat adalah kulit yang memiliki lapirsan dan fungsi pertahanan yang hampir sama dengan kulit orang dewasa. Perbedaanya hanya sedikit lebih tipis sehingga lebih sensitif.

Terlebih seusianya anak rentan terkena penyakit kulit seperti eksim yang bisa membuat kulit kasar dan sulit dihilangkan hingga anak dewasa nanti sehingga mengganggu penampilannya.

Tidak perlu menggunakan produk perawatan anak seperti pelembab, tabir surya, dan lain sebagainya. Untuk membuat kulit mereka tetap sehat, ibu hanya perlu menyimak langkah praktis menjaga kulit anak berikut ini.

Tips Menjaga Kulit Anak Agar Tetap Sehat

1. Sabun Mandi
Pilihlah sabun mandi anak yang punya Ph seimbang antara 4,5 sampai 5,5. Ph yang seimbang tidak akan membuat kulit anak kering. Pilihlah dengan teliti jangan sampai sabun mandi anak mengandung pewangi dan pewarna yang bisa membuat kulit anak iritasi atau alergi. Jangan tergiur dengan sabun mandi yang mengandung zat antiseptik. Sebab bahan kimia tersebut digunakan untuk membunuh kuman kulit namun bisa membuat kulit anak mengering dan menimbulkan gatal-gatal bahkan ada beberapa kasus dapat membuat keracunana otak. Pastikan usai menggunakan sabun, bilas hingga bersih jangan sampai ada busa sabun yang tertinggal.

2. Pelembab atau Bedak
Indonesia adalah negara dengan iklim yang tropis sehingga pelembab sangat diperlukan jika kulit anak adalah tipe kulit yang kering. Namun jika kulit anak normal pelembab tidak diperlukan. Pilihlah pelembab tanpa pewarna dan pewangi. Gunakan setelah anda memandikan anak. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah menggunakan bedak. Fungsi bedak adalah untuk menyerap keringat anak dan sebagai pelincung sari sinar matahari sehingga tidak perlu menggunakan tabir surya. Sebelum memakaikan bedak pastikan anak telah dilap dengan bersih kemudian taburkan bedak ketubuhnya terutama bagian yang sering mengeluarkan keringat seperti pundak, leher, dan ketiak.

Baca Juga: Kenali 5 Hobi Anak Yang Baik Ini Sejak Dini

3. Berikan Makanan Sehat
Tentunya untuk menjaga kulit anak agar tetap sehat adalah memberikan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Pastikan semua itu ada dalam makanannya. Jika anak sulit makan sayuran berikanlah suplemen yang bisa menambah nafsu makan anak yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa kandungan kimia sehingga aman dikonsumsi. Dengan begitu anak mau menyantap sayuran dan buah-buahan dengan lahap.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY