Hati-Hati Ini Dampak Anak Susah Makan

SHARE
hati-hati-ini-dampak-anak-susah-makan

Setiap orangtua tentu ingin buah hati tercintanya tumbuh dan berkembang dengan sehat. Anak yang sehat sudah pasti punya asupan gizi yang cukup sehingga tumbuh kembangnya menjadi cepat. Namun hal itu bukanlah hal yang mudah dilakukan para orangtua karena ada sebagian anak yang mengalami fase sulit makan.

Banyak beberapa faktor penyebab anak sulit makan. Salah satu penyebab anak sulit untuk menerima makanannya adalah trauma hingga masalah psikis yang membuat dampak negatif terhadap anak.

Berdasarkan keterangan dari dr Endah Ronawulan, SpKJ, rata-rata fase anak sulit makan akan dialaminya saat usianya sudah mencapai 4 sampai 6 tahun.

Jika masalah sulit makan pada anak itu tidak ditangani secara serius maka bahaya yang akan dialami anak adalah penyakit kronis hingga kronis. Berikut beberapa dampak dan bahaya anak sulit makan.

1. Timbulnya Beberapa Penyakit

Salah satu dampak anak sulit makan adalah timbulnya beberapa penyakit yang akan hinggap di tubuh anak jika tidak ditangani lebih lanjut. Anak bersiko mengalami serangan penyakitnya saat ia sudah berusia 20 tahun bahkan tak jarang pula ada beberapa kasus usia anak 11 tahun sudah mengalami penyakit orang dewasa seperti halnya penyakit lambung, maag, hingga penyakit mematikan.

2. Pertumbuhannya Terhambat

Kekurangan nutrisi bisa menghambat pertumbuhannya, anak akan mengalami penurunan berat badan dan tinggi badannya yang tidak sesuai dengan usianya. Sebab saat masa-masa tumbuh kembangnya, anak akan memerlukan nutrisi dan gizi yang lebih untuk tubuhnya. Selain menghambat pertumbuhannya, anak yang sulit makan juga akan sulit mencerna ilmu pelajaran yang ia pelajari.

3. Meningkatkan Resiko Kematian

Seperti yang sudah diucapkan oleh dr Endah, bahaya buruk anak sulit makan adalah meningkatkan resikonya kematiannya lebih cepat karena tubuh tidak mendapatkan energi dan gizi yang cukup untuk tubuhnya.

Baca Juga: Kiat-Kiat mengatasi Anak Susah Makan Sayur dan Buah

Dari ketiga bahaya anak sulit makan tersebut sudah pasti para orangtua harus bekerja keras untuk mengatasi anak sulit makan agar buah hati anda terhindar dari bahaya ini. (ms)

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY