Kiat-Kiat Mengatasi Anak Susah Makan Sayur Dan Buah

SHARE
kiat-kiat-mengatasi-anak-susah-makan-sayur-dan-buah

Masalah yang paling sering dihadapi para orangtua ketika si kecil semakin tumbuh besar adalah anak sulit untuk makan sayur dan buah.

Padahal sayur dan buah merupakan makanan sehat anak yang kaya dengan gizi dan vitamin yang cukup untuk memenuhi energinya setiap hari. Sayuran dan buah-buahan juga bisa membantu mempercepat proses perkembangan anak yang bagus untuk masa depannya nanti.

Saat anak makan, rata-rata mereka menolak ketika melihat beberapa sayuran dimakanannya. Anak pun dengan seketika menutup tangan dan langsung menghindari makanan tersebut.

Nah, kalau buah hati anda sudah menunjukkan ciri-ciri anak sulit makan sayur dan buah seperti ini, sebaiknya atasi segera dengan melakukan beberapa kiat agar anak mau makan sayur-sayuran dan buah-buahan seperti berikut ini.

Tips Menghadapi Anak Sulit Makan Sayuran dan Buah-Buahan

1. Sebelum memasak, sebaiknya ajak anak anda berbelanja membeli sayuran atau buah-buahan yang ia suka. Cara ini bisa membuat anak mengenal aneka sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa untuk memberikannya sedikit pengetahuan tentang manfaat makan sayur dan buah-buahan kepada anak sehingga anak akan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi sehingga anak ingin mencoba menyantapnya.

2. Cobalah untuk memulai dalah satu porsi kecil. Jangan menyajikan sayuran dalam jumlah yang banyak. Hal ini bertujuan untuk membuat anak mengenal terlebih dahulu tentang sayuran dan buah-buahan secara perlahan. Anak pun nantinya akan terbiasa menyantap sayuran dan saat itu baru anda meningkatkan porsinya.

3. Kombinasikan sayuran dengan beberapa lauk pauk lain dan nasi. Jangan memberikan sayuran kepada anak secara langsung. Anda juga bisa mencoba untuk membuat garnish atau hiasan dari sayuran yang unik seperti bentuk bunga dan lainnya. Cara ini ditempuh demi menarik perhatian anak untuk memakan sayurannya.

4. Jangan terlalu sering memberikan anak sayuran yang hanya sekedar direbus saja, cobalah untuk membuat sayuran yang enak dan renyah atau bisa anda campur dengan makanan kesukaannya. Saat ini banyak resep resep masakan anak yang terbuat dari sayuran.

5. Berikan suplemen penambah nasfu makan anak seperti madu alami atau madu organik yang bagus untuk tumbuh kembang anak. Kini sudah banyak produk suplemen nutrisi yang terbuat dari madu organik yang dikemas secara praktis dan aman untuk dikonsumsi anak-anak.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak 

Demikianlah tips mengatasi anak sulit untuk menyantap sayuran atau buah-buahan. Kini anda tak perlu khawatir lagi. Jangan lupa berikan anak kasih sayang dan perhatian yang lebih agar anak merasa nyaman, senang, dan akhirnya menuruti semua keinginan anda untuk menyantap makanan yang anda berikan.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY