5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

SHARE
5-cara-meningkatkan-nafsu-makan-anak

Fase sulit makan adalah salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi para orangtua khususnya para ibu.

Kondisi anak susah makan bisa membahayakan kesehatannya.

Anak yang sulit makan cenderung akan mengalami kekurangan gizi yang bisa menghambat tumbuh kembangnya nanti.

Jika si kecil kesayangan anda sudah menunjukkan ciri-ciri anak susah makan, segeralah cari solusi untuk meningkatkan nafsu makannya kembali.

Banyak cara agar anak mau makan. Anda bisa mencoba langkah-langkah mudah membuat nafsu makan anda bertambah dengan cara berikut ini.

Tips Membuat Nafsu Makan Anak Bertambah

1. Buat makanan favoritnya

Anak yang sulit makan biasanya akan mudah luntur jika anda membuatkan makanan favoritnya. Akan tetapi jangan lupa menyelipkan makanan sehat didalamnya. Contohnya jika anak anda gemar makan sosis, nugget, dan makanan siap saji lain anda bisa bekreasi untuk membuat makanan favorit anda menjadi lebih bergizi bisa menyelipkan sayuran sebagai hiasan yang menarik atau anda bisa mencampurnya menjadi hidangan yang enak.

2. Aturlah waktu makan anak

Sebiasa mungkin buatlah jadwal kapan anak harus makan pagi, siang, dan malam. Dengan begitu anak akan terbiasa makan pada jam-jam tersebut. Meski anak lapar, ia akan bisa menghargai apapun yang anda hidangkan.

3. Ajak anak untuk memasak

Meski cara ini membutuhkan waktu yang lebih banyak udah menyajikan makanan namun mengajak anak untuk memasak sangat ampuh untuk bisa membuat anak bersemangat mengolah makanan dan menyantapnya. Anak akan menghargai makanan yang telah dimasaknya bersama anda.

4. Dorong semangat anak melakukan aktivitas fisik

Baca Juga: Inidia Cara Mengawasi Anak di Media Sosial yang Benar 

Jika semua cara sudah anda lakukan, ada cara lain agar membuat nafsu anak meningkat. Caranya mudah anda hanya perlu mengajaknya melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Anda bisa ajak si kecil berenang, main bola, bersepada dan kegiatan fisik lainnya. Anak pun akan merasa lelah dan mendorong nafsu makannya. Tetapi hindari membuat anak terlalu lelah karena bisa membahayakan kesehatannya.

Nah itulah tips meningkatkan nafsu makan anak anda. Cukup mudah bukan untuk dicoba?

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY