Manfaat Sinar Matahari Pagi Hari Untuk Bayi

SHARE
Manfaat Sinar Matahari Pagi Hari Untuk Bayi

Para otangtua mungkin sudah tahu manfaat berjemur bayi di pagi hari. Rata-rata setiap wanita yang melahirkan acap kali rutin menjemur bayinya saat sinar matahari pagi muncul.

Berjemur bayi pagi hari tidaklah harus diluar rumah atau berpaparan langsung dengan sinar matahari. Anda bisa membuatkannya kamar khusus untuk bayi dengan syarat bagian kamar dapat menyerap sinar matahari pagi.

Anda juga bisa mengajaknya keliling taman sekitar rumah agar bisa menimati manfaat sinar matahari pagi dan mengajak anak untuk keluar rumah di pagi hari dimana cuacanya masih segar dan sedikit polusi.

Sinar matahari pagi sangatlah bermanfaat bagi namun pastikan untuk mengajak bayi keluar pada pukul 7-9 pagi. Jika lewat dari jam tersebut hindari menjemur bayi karena sinar matahari bisa membahayakan untuk si bayi. Lalu apa manfaat menjemur bayi dipagi hari?

Manfaat Bayi Dijemur Di Pagi Hari

Manfaat Sinar Matahari Pagi Hari Untuk Bayi

Manfaat menjemur bayi di pagi hari adalah untuk mencegah bayi mengalami sakit kuning. Sakit tersebut dikarenakan bayi kekekurangan sinar matahari.

Sinar matahari pagi bisa menghasilkan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin D dibentuk dari kelesterol tubuh oleh sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari pagi.

Manfaat menjemur bayi lainnya yakni membantu mengurangi kejenuhan atau depresi untuk Bayi. Oleh karenanya, menjemur bayi di pagi hari bisa mengurangi intentitas bayi menangis karena sinar matahari akan melepaskan hormone endorphin didalam tubuh bayi. Hormon endorphin inilah yang disebut-sebut sebagai hormon antidepresi. Bagaimana cara menjemur bayi di pagi hari dengan baik?

1. Usahakan untuk tidak menjemur bayi terlalu lama sebab kulit bayi masih sangat peka. Jika terlalu lama maka bayi akan banyak kehilangan cairan tubuh yang bisa membuatnya lemas.

2. Cukup menjemur bayi selama 15 menit saja, lalu pindahkan bayi ke tempat yang lebih teduh. Setelah dijemur, berikan ASI atau susu formula jika anda tidak bisa menghasilkan ASI. Kemudian biarkan bayi berjemur lagi selama 15 menit, dan berikan ASI atau susu lagi. Dengan pengulangan itu, selama 30 menit bayi akan menyerap manfaat sinar matahari pagi setiap hari.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Virus Zika

3. Pakaikan celana dalam saja. Saat menjemurnya, hindari menggunakan pakaian bayi yang tebal karena akan menyebabkan bayi merasa tidak nyaman dan kepanasan. Cukup pakaikan si kecil dengan celana dalam saja.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY