5 Macam-Macam Susu Formula Bayi Balita Untuk Usia 0-6 Bulan

SHARE
5 Macam-Macam Susu Formula Bayi Balita Untuk Usia 0-6 Bulan

Air Susu Ibu (ASI) adalah saupan terbaik untuk bayi. ASI mengandung semua gizi, nutrisi, dan kebutuhan lain yang diperlukan untuk si kecil. Sayangnya tidak semua Ibu bisa menghasilkan ASI yang baik karena beberapa banyak faktor ASI tak keluar, atau kondisi Ibu yang tidak memungkinkan untuk menyusui.

Kondisi seperti itulah banyak para orangtua yang akhirnya memberikan susu formula balita. Namun pemilihan susu formula untuk bayi atau balita tidaklah sembarangan. Akan lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke dokter anak untuk mengetahui macam-macam susu formula yang baik untuk anak.

Semua jenis susu harus dilihat kandungan nutrisinya sebab kondisi kesehatan setiap anak juga berbeda-beda. Jangan mudah tergiur dengan promosi susu tanpa melihat gizi yang terkandung didalam susu tersebut. Kalau sampai melilih susu formula untuk bayi yang tidak tepat akan membuat bayi alergi.

Setidaknya para orangtua harus mengatahui jenis-jenis susu formula bayi untuk mengenal lebih dekat kegunaan susu formula tersebut.

Jenis – Jenis Susu Formula Balita dan Bayi

5 Macam-Macam Susu Formula Bayi Balita Untuk Usia 0-6 Bulan

1. Susu Formula Susu Sapi

Umumnya susu sapi yang beredar dipasaran adalah susu fomula terbaik pilihan untuk bayi yang tidak mempunyai alergi. Bayi alergi susu sapi bisa mengakibatkan bayi menjadi diare. Susu Formula dari Susu Sapi bisa mengakibatkan bayi diare dan mengalami ciri-ciri bayi alergi susu sapi.

2. Susu Hipoalergenik

Susu Hipoalergenik adalah susu yang pas dikonsumsi oleh bayi atau balita 0-6 bulan yang memiliki riwayat alergi susu sapi. Pilihlah sapi hipoalergenik yang kandungan proteinnya telah dihidrolosis sehingga mudah dicerna bayi dan balita. Sebelum memberikan susu Hipoalergenik sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter memastikan apakah susu hipoalergenik yang anda beli cocok dikonsumsi anak anda.

3. Susu Soya

Susu yang berasal dari sari kedelai ini diperuntukkan untuk bayi yang alergi terhdap protein susu sapi ternak. Susu kedelai mengandung protein soya yang fungsinya hampir sama dengan protein susu sapi namun protein susu soya sudah terhidrolisis dengan sempurna.

4. Susu Rendah Laktosa

Apa itu susu rendah laktosa? Susu rendah laktosa adalah susu yang bebas dari kandungan laktosa dan diganti dengan kandungan gula jagung yang cocok untuk bayi yang tidak mampu memiliki enzim untuk mengolah laktosa. Akibatnya bayi atau balita akan mengalami diare terus menerus.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Balita 

5. Susu Formula Khusus

Bayi atau balita yang mempunyai masalah saluran pencernaan, penyerapan karbohidrat, lemak, dan protein hingga permasalahan lain akan diberikan susu formula khusuh yang biasanya diberikan oleh dokter. Namun harganya sangat mahal dan tidak dijual di toko-toko susu. Hanya tersedia di rumah sakit dan apotek.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY