5 Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Balita

SHARE
5 Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Balita

Alergi susu sapi pada balita pada masa-masa pertumbuhan memang cukup membingungkan bagi sebagian orang tua. Pasalnya balita membutuhkan asupan nutrisi yang ada didalam susu sapi terlebih si kecil susah makan dan hanya mengandalkan kandungan gizi didalam susu sapi.

Lalu sebenarnya apa itu alergi susu sapi? Alergi susu sapi adalah kondisi dimana sistem imun anak tidak normal karena tidak merespon kandungan protein didalam susu sapi.

Gejala anak alergi susu balita biasanya ditandai dengan muntah, sesak nafas, mengi, hingga mengalami gangguan pencernaan, dan juga gatal-gatal. Gejala itu disebabkan karena anak tidak mencerna laktosa yakni gula alami yang biasanya terkandung didalam susu. Gejala-gejala alergi susu balita yang dialami pada anak akan muncul setelah 30 menit hingga 2 jam anak mengonsumsi produk olahan susu yang anda buat.

Jika anak anda mengalami hal tersebut, janganlah panik yang paling terpenting anda harus mengetahui cara mengatasi alergi susu sapi pada anak dengan langkah-langkah berikut ini.

Tips Mengatasi Alergi Susu Balita Pada Anak

5 Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Balita

1. Lakukan Pemeriksaan ke Doket

Pertama, sangat disarankan untuk anda membawa anak anda ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mendapatkan diagnosis yang tepat apakah anak alergi susu sapi atau tidak. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksakan dari hasil tes darah, fases, dan kulit si kecil. Setelah anak dipastikan mengalami alergi susu formula, dokter akan memberikan obat yang tepat untuk anak anda.

2. Jangan Memberikan Makanan yang Mengandung Susu

Saat anak mengalami ciri-ciri alergi susu sapi sebaiknya hindari memberikan anak produk susu sapi lain atau bahkan memberikan anak makanan yang mengandung susu sapi. Sebab saat anak mengalami gejala alergi susu sapi anak tidak akan menerima kandungan protein didalam susu sapi yang menyebabkan anak mengalami alergi.

3. Ganti Susu Anak dengan Susu Kedelai

Jika anak menangis untuk meminta susu kepada anda gantilah susu anak dengan susu formula yang berbahan dasar dari kedelai bukan dari susu sapi.

4. Kasih susu Formula Hypoallergenic

Kalau susu kedelai masih menyebabkan alergi pada anak, anda bisa memberikannya susu formula Hupoallergenic yang bisanya diberikan dokter atau anda bisa mencarinya di apotek untuk menutup kemungkinan anak alergi lagi.

5. Berikan Asupan makanan bervitamin D

Saat anak anda mengalami alergi susu sapi, siasati nutrisi anak dengan memberikan makanan yang mengandung vitamin D yang terdapat pada bayam, brokoli, ikan salmon, tuna, dan telur.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY