5 Penyebab Alasan Anak Susah Makan

SHARE
5 Penyebab Alasan Anak Susah Makan

OptiDaily.com – Persoalan anak susah makan sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah bagi sebagai ibu. Anak susah makan itu dinilai wajar karena anak merasa bosan dengan apa yang diberikan oleh ibunya disaat kecil.

Namun banyak juga orangtua yang mengeluhkan anak susah makan sebab sudah diberikan beberapa upaya dan usaha bagaimana cara membuat nafsu anak bertambah. Tapi tahukah Anda anak susah makan ternyata penyababnya bukan hanya karena anak bosan sebab masih ada alasan lain kenapa anak susah makan.

dr. Florentina M. Rahardja, M. Gizi Sp.Gk dari Royal Trauma mengatakan penyabab anak susah makan dibagi menjadi dua penyebab pertama fisik dan psikis. Psikis anak terkait pada organ anak seperti mulut gigi dan pencernaan.

Sedangkan untuk faktor pisikis anak lebih kepada Susana makan yang menurutnya kurang menyenangkan. Selain itu ada beberapa masalah lain penyebab anak sulit makan dengan beberapa solusi berikut ini

4 Penyebab Anak Susah Makan 

5 Penyebab Alasan Anak Susah Makan

Picky Eater

Apa itu Picky Eater. Ya, Picky Eater adalah suatu tahapan yang normal pada anak karena anak tidak suka dengan rasa, tektur, hingga makanan yang kurang bervariatif (monoton) solusi anak yang terkena Picky eater mudah saja hanya mengganti variasi makanan lain dan menyiapkan berbagai kreasi makanan yang bisa menarik perhatian anak untuk makan.

Mengemut Makanan

Banyak anak yang tidak menelan makanannya hanya mengemut makanan, faktor ini penyebabnya biasanya anak sedang mengalami sakit gigi, tumbuh gigi, atau ia sedang sariawan dan radang tenggorokan sehingga sakit untuk menelan makanan. Konsultasikan ke dokter agar mengetahui penyakit yang sedang diderita anak.

Gak Mau Makan Sama Sekali

Jika anak sama sekali tidak menyentuh makanannya bisa jadi anak sedang tidak enak badan. Anak akan menunjukan ciri-ciri penurunan nafsu makan secara drastis. Hal ini harus di perhatikan dengan baik-baik karena jangan sampai gizi anak kurang dan membuat anak bertambah sakit. Konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Hanya Makan Sedikit

Baca Juga: 5 Penyebab Anak Susah Makan Dan Menolak Makanan

Kalau anak makan hanya sedikit, umumnya anak menunjukan bahwa ia sedang tidak merasa lapar. Berikan jadwal makan anak agar saat jadwal makan, anak akan lahap menyantap makanan dari anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY