5 Penyebab Anak Susah Makan Dan Menolak Makanan

SHARE
5 Penyebab Anak Susah Makan Dan Menolak Makanan

Anak akan mulai mendapatkan makanan pendamping ASI saat usianya sudah mencapai 6 hingga 7 bulan. Anak usia 6-7 bulan boleh diberikan makanan sehat yang harus dilembekkan terlebih dahulu. Sebab anak belum mempunyai gigi untuk mengunyahnya.

Saat anak memasuki usia 9 bulan, porsi makan anak harus ditambah dibandingkan dengan ASInya. Anak juga sudah diperbolehkan untuk mendapatkan tiga jenis makanan untuk anak dalam satu hari antara lain makanan padat, susu sapi, dan ASI itu sendiri.

Ketiga makanan sehat anak usia 9 bulan itu boleh diberikan. Mengingat anak sudah berkembang dan tumbuh dengan baik sehingga bisa menyantap makanannya.

Lain halnya jika anak susah makan dan menolak makanannya. Hal itu bisa menyebabkan penyakit dengan mudah masuk ke tubuh Anak. Jika anak susah makan dan anak menolak makanan dibiarkan begitu saja akan menyebabkan kebiasaan baru dan pada akhirnya anak mudah terkena penyakit. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa anak susah makan yang dirangkum oleh cerianakita.com

Mengapa Anak Susah Makan?

5 Penyebab Anak Susah Makan Dan Menolak Makanan

1. Sang Anak Tidak Benar-Benar Lapar

Jangan memberikan makanan kepada anak jika Anda sudah memberikan susu sapi atau Asi untuknya. Akan wajar jika sang anak menolaknya sebab belum saatnya anak benar-benar lapar. Berikan jadwal makan anak yang tepat kapan ia diberikan susu tambahan atau ASI. Dengan begitu anak tidak akan menolak makanan yang anda berikan.

2. Anak Mulai Punya Selera Rasa Makanan

Biasanya anak akan punya selera makan sendiri ketika umurnya sudah semakin bertambah besar. Hal ini juga bisa menyebabkan anak menjadi sulit makan dan hanya ingin makan-makanan tertentu saja. Anak akan lebih menyukai makanan kesukaanya. Solusinya sangat mudah biasakan untuk memberikan rasa-rasa yang beragam kepada anak agar sang anak tahu bahwa semua citarasa makanan itu semuanya enak.

3. Anak Bosan Dengan Tekstur Halus

Saat bayi, anak akan selalu diberikan makanan halus dan dicampur. Jadi tak heran jika sang anak susah makan sebab bosan dengan teksturnya yang halus. Anda bisa mengubah cara penyajiannya dengan cara membuat variasi baru agar anak tetap suka makan.

4. Anak Sedang Sakit

Alasan anak menolak makanan juga bisa disebabkan sang anak sedang sakit. Ciri-ciri anak sakit biasnaya ditandai badan anak lemas, demam, diare, dan berat badannya menurun. Tingkah lakunya juga biasanya berubah. Misal semula sang anak terlihat aktif, riang, dan cerewet. Ketika anak sakit ia akan berubah menjadi diam dan suka bermalas-malasan. Anak juga tidak akan mempunyai nafsu makan untuk itu segera bawalah ke dokter untuk memeriksa lebih lanjut.

Baca Juga: 4 Tips Atasi Anak Susah Makan Nasi

5. Anak Terlalu Sering Diberi Camilan Manis

Jangan terlalu sering memberikan anak camilan yang manis. Makanan manis bisa membuat anak cepat merasa kenyang. Jadi jangan menyalahkan anak jika ia menolak makanan pemberian anda karena perutnya sudah tidak sanggup untuk makan. Untuk itu sebelum anak makan hindari memberikannya permen, cokelat atau snack yang mengandung MSG. (ms)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY