Tips Sahur Sehat Untuk Ibu Hamil

SHARE
6 Kiat Sehat Menyantap Makanan Sahur

Bulan ramadan memang penuh berkah. Terbukti bahwa puasa tidak menjadi halangan untuk ibu hamil tetap menahan lapar dengan tidak makan dan minum seharian sampai adzan magrib.

Berpuasa dibulan Ramadan tidak akan mengganggu kesehatan janin anda, meskipun sebenarnya saat sedang hamil diberi kelonggaran untuk tidak berpuasa dan bisa dibayar di hari lain. Tapi tetap saja sensasi berpuasa dibulan Ramadan dengan berpuasa dihari-hari biasa akan berbeda.

Namun akan lebih baik konsultasikan ke dokter kehamilan terlebih dahulu untuk memastikan kesehatan janin anda baik atau tidak. Sebab pada kehamilan trimester pertama, ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan kondisi seperti mengahalmi dehidrasi atau pendarahan. Untuk itu ibu hamil diperbolehkan untuk tidak berpuasa.

Tapi jikalau Anda diperbolehkan oleh dokter untuk berpuasa, maka anda harus tetap menjaga nutrisi yang cukup untuk tubuh dan janin anda. Caranya mudah mencukupi kebutuhan nutrisi berpuasa untuk ibu hamil dengan tips sahur sehat untuk ibu hamil agar mencukupi kebutuhan gizi anda saat pagi, hingga waktu berbuka puasa nanti.

Kiat-Kiat Menu Sahur Sehat Untuk Ibu Hamil

6 Kiat Sehat Menyantap Makanan Sahur

 

1. Sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung karbonhidrat komplek yang bisa didapat dari jagung, pasta, singkong, ubi, kentang, sereal, dan nasi merah. Meskipun dibutuhkan karbonhidrat bukan berarti anda diharuskan mengonsumsi karbonhidrat dalam jumlah banyak ya.

2. Satu mangkuk sayuran hijau yang direbus terlebih dulu bisa menjadi alterntif lain. Sayuran mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang bagus untuk janin yang ada diharim anda. Sehingga meskipun anda berpuasa, kebutuhan mineral untuk janin terpenuhi.

3. Selanjutnya konsumsilah makanan yang mengandung Protein dari jenis ikan, daging unggas, atau daging merah yang rendah lemak dan pasti aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Jika anda ada pantangan untuk mengonsumsi ikan dan daging, anda bisa memilih protein nabati yang bisa anda peroleh dari tahu, tempe, dan kacang kedele. Cukup satu tempe saja anda sudah memenuhi protein dalam tubuh dan cocok untuk menu sahur Anda.

4. Buah-buahan juga enak disantap saat sahur, seperti buah apel, buah melon, atau buah-buahan yang baik untuk janin. Hindari mengonsumsi nanas yak arena bisa menganggu Janin. Cukup dengan 1 buah saja bisa mencukupi nutrisi anda beserta janin anda.

5. Kalau perlu Anda juga bisa meminum susu untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi saat sahur untuk menguatkan tubuh dan janin anda. Sehingga susu bisa menjadi asupan nutrisi yang baik.

6. Jangan mengonsumsi makanan yang tajam seperti pedas dan terlalu asam karena bisa membuat anda mengalami masalah gangguan perut dan membuat lambung menjadi iritasi bahkan bisa membuat anda mual hingga muntah-muntah.

7. Makanan terlalu asin juga dihindari sebab bisa membuat anda lapar disiang hari. Intinya jangan mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi karena bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti hipertensi, darah tinggi.

Baca Juga: 6 Tips Mengisi Liburan Sekolah dan Liburan Puasa Anak yang Menyenangkan

8. Setelah sahur, jangan tidur meskipun anda mengantuk. Lakukan aktivitas ringan dirumah. Tidur setelah sahur akan membuat anda haus dan lapar disiang harinya karena energi dari makanan yang disantap saat sahur justru akan dipakai untuk anda tidur.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS