6 Tips Mengisi Liburan Sekolah dan Liburan Puasa Anak yang Menyenangkan

SHARE
6 Tips Mengisi Liburan Sekolah dan Liburan Puasa Anak yang Menyenangkan

Biasanya bulan Ramadan tiba disaat bersamaan dengan libur sekolah. Tentu sebagai orang tua yang bijak harus memperhatikan kegiatan anak disaat liburan. Sebab jangan sampai aktivitasnya menggangu ibadah puasanya yang bisa membuat anak ingin berbuka puasa disiang hari.

Untuk itu, para orangtua harus selektif jangan sampai anak benar-benar malas berpuasa. Carilah aktivitas lain yang menyenangkan. Tidur siang, menonton televisi atau berman gadget juga bisa membuat anak bosan dan akhirnya mereka akan rewel terus menerus menanyakan kapan waktu berbuka puasa hari ini.

Ada pilihan lain yang bisa anda berikan kepada anak agar anak tidak bosan dirumah saat liburan denga memberikannya kegiatan yang aktif namun tidak membuat fisiknya terkuras serta aktivitas yang bisa merangsang sensor motorik anak sehingga otak anak akan terus teasak meski sedang libur sekolah dan menjalankan ibadah puasa.

6 Aktivitas Hiburan Anak Untuk Liburan Sekolah Dan Liburan Puasa Yang Bermanfaat

6 Tips Mengisi Liburan Sekolah dan Liburan Puasa Anak yang Menyenangkan

1. Adakan Pesantren Kilat

Saat bulan puasa, program pesantren kilat selalu mengisi liburan anak sekolah. Anda bisa membuat pesantren kilat sendiri yang berlangsung selama 3 hingga 5 hari dengan mengajarkan anak pelajaran agama serta mengajarkan anak untuk mandiri.

2. Ajak Untuk Dekorasi Kamar Anak

Jika pesantren kilat sudah anda lakukan, anda bisa mengajaknya untuk mendekor kamarnya agar membuat anak fokus namun menyenangkan. Ajak anak secara langsung untuk menata ulang kamarnya. Diskusikan kepada anak konsep interior kamar yang diinginkannya seminal warna cat kamat serta hiasan untuk didalam kamarnya.

3. Berikan Perlombaan selama 30 hari (30 days challenge)

Anda juga menerapkan permainan selama 30 hari dengan memberikannya tantangan dan hadiah kecil seperti memberishkan buruk raknya, menyusun huruf adjad, menghafal kisah-kisah nabi, menggambar kaligrafi, hingga permainan lainnya selama 30 hari penuh sehingga liburan sekolah dan liburan puasa anak akan selalu terisi oleh permainan yang tidak membosankan.

4. Ajaknya Untuk Memasak

Selagi menjelang berpuasa, ajak sang anak untuk memasak sehingga ada opsi lain untuk mengisi waktu liburan puasa anak sekolah. Anda bisa membuat kue bolu, es buah, sayur sop. Sehingga anak mempunyai pengalaman dan pengetahun baru tenang memasak.

5. Sesekali Ajaknya Menonton Bisokop

Jika semua kegiatan terasa sudah dilakukan, anda bisa mengajaknya menonton bioskop untuk menyaksikan film liburan keluarga yang seru. Namun pastikan kondisi sang anak dalam keadaan yang sehat sehingga tidak mengganggu kelancaran berpuasanya. Selain itu pilih lah film yang sesuai dengan minat sang anak. Setelah menonton mintalah pendapat mengenai film tersebut. Cara ini bisa melatih daya ingatan anak.

6. Ajarkan Untuk Beramal

Baca Juga: 5 Perubahan Fisik Setelah Melahirkan

Cara mengisi liburan puasa yang seru untuk anak bisa dengan kegiatan sosial dengan memberikan barang-barang yang tidak dipakai untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan. Dengan begitu sang anak akan lebih mensyukuri hidupnya karena banyak teman sebayanya yang hidup susah.

NO COMMENTS