Makanan Yang Dianjurkan Agar ASI Melimpah

SHARE
Makanan yang dianjurkan Agar ASI melimpah

Bayi yang baru lahir memang sangat dianjurkan untuk diberikan Air Susu Ibu (ASI) secara langsung oleh sang ibu. Tapi sayangnya belum tentu semua ibu bisa memproduksi air susu dalam jumlah yang banyak untuk memenuhi kebutuhan bayinya.

Hal ini sangat wajar sebab tak semua Ibu memiliki hormon yang sempurna. Untuk itu diperlukan usaha atau upaya untuk tetap bisa memberikan ASI eksklusif untuk tumbuh kembang sangat Bayi.

Selama 0 hingga 6 bulan, Bayi harus secara terus menerus hanya diberikan ASI yang aktif sebagai zat penting yang bisa melebihi nutrisi atau gizi yang terkandung di dalam susu formula.

Untuk memperbanyak ASI, salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan yang dianjurkan yang kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat agar ASI melimpah. Makanan apa saja yang dianjurkan agar asi melimpah? Simak yuk mom ulasannya.

Berikut Daftar Makanan Agar ASI Melimpah

Makanan yang dianjurkan Agar ASI melimpah

1. Sayuran-sayuran Hijau

Labu siem, labu kuning atau sayuran dari keluarga labu dipercaya bisa meningkatkan suplai susu. Sayuran ini juga mudah dicerna oleh usus sehingga baik dikonsumsi ibu setiap harinya. Kalau tak suka labu, anda juga bisa memilih sayuran berdaun hijau seperti bayam dan asparagus yang banyak sumber mineral, aneka vitamin, dan fitoestrogen yang mampu meningkatkan laktasi.

2. Daun katuk

Sayuran yang satu ini memang sudah terbukti bisa meningkatkan ASI dalam tubuh. Kandungan vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna bisa membantu membuat ASI anda berlimpah dan tentunya berkualitas.

3. Daun Kemangi

Daun yang wangi dan kerap dijumpai sebagai lalapan ini mengandung vitamin K yang bisa meningkatkan jumlah ASI. Daun kemangi bisa di buat dalam minuman panas, atau merebusnya sebagai lalapan.

4. Buah Pepaya

Buah yang digemari oleh burung ini siapa sangka mengandung vitamin A, C, Kalium, dan asam folat yang bisa berperan sebagai peningkat ASI.

5. Kacang-kacangan

Baca Juga: 3 Cara Memompa Asi Yang Baik Agar Payudara Tak Kendur 

Sudah pernah mencicipi kacang Almond atau kacang mete? Yap, kedua kacang-kacangan tersebut bisa membantu meningkatkan ASI karena mengandung kalsium dan senyawa asal lemak yang membuat ASI anda berkualitas dan baik untuk perkembangan otak bayi.

Kelima makanan tersebut bisa membuat ASI anda berlimpah sehingga buah hati kesayangan anda akan mendapatkan ASI eksklusif yang baik untuk pertumbuhannya.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS