3 Cara Memompa Asi Yang Baik Agar Payudara Tak Kendur

SHARE
3 Cara Memompa Asi Yang Baik Agar Payudara Tak Kendur

Bagi wanita yang sibuk pasti akan sangat kerepotan memiliki seorang bayi. Sebab umumnya bayi harus diberikan Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif hingga bayi tersebut berusia 6 bulan atau lebih.

Kalau anda sebagai wanita karir, sudah tentu akan mengandalkan pompa asi untuk menyetok persediaan susu bayi agar bisa ditinggal bekerja dan dititipkan ke baby sister atau neneknya.

Saat ini banyak pompa Asi yang beradar. Semuanya sama-sama berfungsi untuk mengeluarkan ASI anda. Namun kalau anda memilih hemat, anda bisa menggunakan pompa manual. Namun alat ini masih tidak praktis karena harus meluangkan waktu selama 45 menit untuk memompa Asi.

Untuk itu hadir pompa elektrik sebagai solusinya untuk menghemat waktu lebih singkat. Dengan menggunakan pompa elektrik anda hanya perlu menyalakannya saja dan membiarkan mesinnya bekerja sendiri. 15 menit hingga 20 menit air susu akan terkumpul. Sayangnya pompa elektrik harganya relative mahal.

Tenang ada pilihan lain kok, anda bisa memilih pompa bertenaga baterai sebagai pilihan antara pompa manual atau elektrik. Pompa jenis ini bekerjanya mirip dengan pompa elektrik. Namun daya pacu kecepatannya tidak sama dengan pompa elektrik. Tapi ini bisa menjadi pilihan yang hemat dan cepat untuk ibu yang sibuk bekerja.

Kalau sudah memilih jenis pompa apa yang dipilih, sekarang saatnya anda memulai cara memompa asi yang baik. Sebab kalau anda sembarangan dan tidak menggunakan teknik yang benar, payudara anda akan mudah mengendur.

Cara Memompa Asi Yang Baik Dan Tepat

3 Cara Memompa Asi Yang Baik Agar Payudara Tak Kendur

1. Siapkan ASI dari Jauh-Jauh Hari 

Pilihlah waktu yang tepat untuk memompa ASI. Jangan sampai persediaan habis dan anda baru memompanya. Tak perlu khawatir karena anda bisa menyimpannya di dalam lemari pembeku agar kandungan ASI tetap terjaga. Buatlah siklus kapan anda memompa dan kapan tidak agar tidak keseringan sehingga bisa membuat payudara anda dengan mudah mengendur akibat keseringan di sedot dengan pompa.

2. Sempatkan Waktu Untuk Menyusuinya Langsung

Kalau anda berada dirumah, lebih baik menyusui bayi secara langsung. Cara ini juga bisa menghemat persediaan susu didalam lemari pembeku. Selain bisa membuat bayi merasa nyaman bisa menyusu secara langsung, payudara anda juga tidak akan mengendur karena mempunyai siklus waktu tertentu untuk memompa susu.

3. Tak Perlu Terburu-buru, lebih baik santai

Baca Juga: Sudahkah Anda Melakukan 5 Hal Ini Untuk Perkembangan Anak Anda?

Saat memompa susu, lebih baik santai dan rileks sehingga mempermudah proses pompa susu. Dengan begitu payudara anda tidak akan dipaksa untuk mengeluarkan air susu. Kalau dilakukan secara terburu-buru, payudara justru akan sulit mengeluarkan susu.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS