Sudahkah Anda Melakukan 5 Hal Ini Untuk Perkembangan Anak Anda?

SHARE
Sudahkah Anda Melakukan 5 Hal Ini Untuk Perkembangan Anak Anda

Apakah anda sudah memenuhi anak? Meskipun banyak mainan ataupun fasilitas yang lengkap ada beberapa hal yang terkadang para orangtua belum benar-benar tahu apa yang paling dibutuhkan anak.

Tapi tahukah anda, apa saja yang dibutuhkan anak? ya komunikasi seperti pelukan dan perhatian itulah yang paling diinginkan anak dibandingkan dalam bentuk apapun.

Semua anak memiliki kebutuhan dasar seperti tempat tinggal yang nyaman, pakaian, kehangatan dan cinta dari orangtua. Kalau semua kebutuhan itu terpenuhi juga akan sangat membantu perkembangan anak.

Sesibuk apapun anda sebagai orangtua harus memperhatikan kebutuhan batin sang anak dengan rasa cinta sehingga membuat anak merasa aman karena mempunyai orangtua yang sangat memperhatikannya. Nah berikut ini ada beberapa hal yang harus dipenuhi orang tua kepada sang anak.

Beberapa hal yang diperlukan untuk membantu perkembangan anak

Sudahkah Anda Melakukan 5 Hal Ini Untuk Perkembangan Anak Anda

1. Berikan Pelukan Hangat Kepada Anak

Dengan memberikan cinta dan pelukan kepada buah hati anda maka akan membantu mereka merasa aman dan nyaman. Bukan hanya pelukan saja tapi dengan memegang bahu anak, menggendongnya dikala ia sakit, memangku untuk melindunginya, dan menciumnya adalah cara yang paling ampuh untuk membuat sang anak merasa nyaman.

2. Jangan Lupa Untuk Selalu Memberikan Apresiasi

Meskipun bukan dalam bentuk prestasi, anda harus selalu memberikan apresiasi kepada anak dengan apa yang ia lakukan (kegiatan positif) misalnya sangat anak melakukan usaha untuk menjadi lebih mandiri itu patut diberi apresiasi dengan mengucapkan kata ‘hebat’ atau kata yang bisa menambah semangat anak. Dengan begitu sang anak akan merasa dihargai dengan apa usahanya.

3. Orangtua Harus Selalu Memberikan Senyuman

Cara yang paling sederhana untuk membantu anak merasa bahagian dan merasa aman adalah dengan memberikannya senyuman. Senyuman akan membuat anak merasa di sayang dan bangga memiliki anda sebagai orangtuanya.

4. Jadilah Pendengar yang Baik

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Saatnya Menjaga Kesehatan Anak Dengan Tips Ini

Sebelum tidur atau sedang makan malam, ajaknya bercerita tentang kegiatannya hari ini agar anak tidak terbiasa memendam masalahnya sendiri. Komunikasi yang rutin seperti ini bisa membuat anak lebih terbuka.

NO COMMENTS