Musim Hujan Tiba, Saatnya Menjaga Kesehatan Anak Dengan Tips Ini

SHARE
Musim Hujan Tiba, Saatnya Menjaga Kesehatan Anak Dengan Tips Ini

Musim hujan tiba. Biasanya saat musim hujan penyakit demam, flu, dan pilek akan mudah menyerang si kecil. Anak akan lesu dan senyum manisnya akan menghilang karena sakit.

Tidak mau kan moms, si kecil jatuh sakit dan senyum manisnya hilang. Untuk itu moms, penting sekali menjaga kesehatan anak saat musim hujan.

Agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Terlebih penyakit “musim hujan” gampang menular. Nah sebagai penangkal agar penyakit tersebut tidak menimpa buah hati kesayangan anda diperlukan beberapa kiat-kiat.

Sudah siap membuat penangkal penyakit saat musim hujan untuk si kecil? Ini dia kiat-kiat menjaga kesehatan anak saat musim hujan.

Langkah Cerdas Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Musim Hujan Tiba, Saatnya Menjaga Kesehatan Anak Dengan Tips Ini

1. Perhatikan Pakaian Anak Yang Dikenakan Ya Bu

Saat musim hujan tentunya suhu akan menjadi dingin. Kalau si anak diharuskan berada diluar rumah disarankan untuk memakai pakaian hangat. Jangan lupa mengenakan topi, sarung tangan, kaos kaki, dan sepatu yang hangat.

2. Konsumsi Makanan Yang Bergizi

Sebenarnya cuaca dingin tidak menyebabkan penyakit namun virus dengan mudah berkembang dan menyebar dikala musim dingin. Untuk itu kuatkanlah daya tahan tubuh anak dengan memberikannya makan-makanan bergizi dan pastikan juga sang anak cukup beristirahat sehingga kondisi badannya selalu fit dan tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

3. Jangan Membiarkan Anak Berlama-lama Main diluar Rumah

Buatlah batasan waktu kapan anak bermain diluar rumah, sebab saat musim penghujan penyakit hiportemia mudah menyerang. Biasakan anak-anak untuk belajar mandiri dan bertanggung jawab sehingga suhu badannya bisa tetap hangat saat musim hujan.

4. Siapkan Perlengkapan Musim Hujan

Jika anda sibuk bekerja siapkan jas hujan payung untuk dibawa ke sekolah agar tidak basah kuyup akibat kehujanan. Siapkan juga sepatu bot khusus anak-anak sehingga anak tidak kedinginan dan sepatu pun bisa dipakai keesokan harinya. Selain itu menggunakan sepatu yang basah bisa memudahkan anak terkontaminasi dengan bakteri dari aliran air hujan yang mengenang dijalan.

5. Rajin Mengosongkan Dan Membersihkan Wadah Air

Saat musim hujan wadah DBD akan merebak karena banyaknya genangan air. Itulah mengapa pentingnya anda sering mengosongkan dan membersihkan wadah air agar jintik nyamuk tidak berkembang biak dikamar mandi rumah anda.

6. Anak Harus Tetap Minum Air Putih Yang Banyak

Pastikan anak anda minum air bersih dan minimal 8 gelas sehari agar penyakit seperti diare, kolera tidak mudah menyerangnya karena mineral dalam tubuhnya tetap terjaga.

7. Biasakan Anak Mencuci Tangan Dan Rajin Membersihkan Dirinya

Baca Juga: Trik Memilih Tas Sekolah Ala Ibu Cerdas, Cermat, Dan Hemat

Selain bisa membuatnya mandiri, dengan membiasakan anak mencuci tangan dan rajin menjaga kebersihan dirinya bisa membuat anda tetap terjaga kesehatannya. Kuman atau bakteri yang menempel tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh buah hati kesayangan anda.

Itulah kiat-kiat menjaga kesehatan anak saat musim hujan datang. Jadilah orangtua yang baik dengan melindungi anaknya agar penyakit tidak mudah menyerangnya.

NO COMMENTS