4 Tips Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah Paling Ampuh

SHARE
4 Tips Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah Paling Ampuh

Metode diet sehat berdasarkan golongan darah dipercaya memberikan keberhasilan lebih tinggi dibandingkan dengan cara diet lainnya. Diet berdasarkan golongan darah ini diperkenalkan oleh Dr. Peter J. D’adamo, seorang naturopatis dari Amerika Serikat. Cara diet ini disusun berdasarkan sifat genetika seseorang yang bergantung pada golongan darah tertentu. Faktor genetik tersebut yang menentukan asupan kandungan makanan yang dikonsumsi, sehingga berbeda golongan darah, berbeda pula makanan yang dibutuhkan.

1. Diet Golongan darah AB

Golongan darah ini adalah perantara antara golongan darah A dan B yang unik dan misterius. Kabar baiknya, golongan darah inipun paling bisa menyesuaikan diri dengan hampir semua jenis makanan. Menu makanan berimbang yang terdiri dari bermacam-macam daging dan sayuran sangat baik untuk menjaga bentuk tubuh ideal bagi pemilik golongan darah AB. Anggur merah, susu kambing, dan tuna baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Walaupun hampir semua jenis makanan laut bisa dikonsumsi, kepiting adalah pengecualian. Sebaiknya konsumsi sesedikit mungkin telur bebek, pisang, dan air soda. Tingkatkan intensitas berolahraga ringan seperti pilates, berjalan, atau yoga.

2. Diet Golongan Darah O

Golongand darah O adalah tipe yang juga menguntungkan karena anda tidak perlu menghindari terlalu banyak makanan. Menu yang dikonsumsi bisa se-fleksibel mungkin. Jenis makanan tinggi protein seperti kacang-kacangan, daging unggas, berbagai macam ikan dan telur dapat dijadikan menu sehari-hari.  Sayuran hijau sangat dianjurkan dikonsumsi harian. Tetapi ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya kurangi konsumsinya yaitu sayur-sayuran yang mengandung lektin seperti taoge, terong, jamur, dan kentang. Untuk menjaga tubuh agar tetap ideal dan fit, lakukan olahraga kardio sebelum memulai hari. Bersepeda, berenang, atau jogging adalah latihan fisik yang akan membantu menjaga kesegaran tubuh dan mencegah naiknya berat badan.

4 Tips Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah Paling Ampuh

3. Diet Golongan Darah B

Memiliki tingkat antiobodi tertinggi adalah cirri khas dari golongan darah B. Golonagn darah ini jarang terjangkit penyakit atau memiliki masalah kesehatan. Olahan susu, ikan laut, brokoli, terong, dan wortel bagus dikonsumsi untuk menjaga keseimbangan tubuh dan kesehatan. Pantangan untuk diet golongan darah ini adalah daging unggas, kacang tanah, alpukat, olahan gandum, belimbing, dan pear. Mengkonsumsi makanan tersebut tanpa diimbangi dengan menu lain dapat menyebabkan penggumpalan darah. Tetaplah melakukan olahraga atau latihan fisik moderat seperti balet atau dance.

4. Diet Golongan darah A

Jika anda memiliki golongan darah A, anda disarankan makan banyak sayur dan buah. Menu vegetarian sangat cocok untuk cultivator, yaitu sebutan yang ditujukan untuk pengkonsumsi sayur dan buah. Makanan yang mempunyai kandungan lemak tinggi tidak cocok untuk golongan darah A. Protein hewani yang dianjurkan adalah ikan tuna, telur, dan daging ayam. Kurma dan roti gandum juga diperbolehkan karena tidak berpengaruh besar pada tubuh.

Berbagai jenis makanan laut seperti cumi, lobster, dan udang sebaiknya jangan dikonsumsi dalam jumlah besar, begitu pula makanan yang berlemak tinggi lainnya seperti susu, keju, es krim, dan makanan berkarbohidrat tinggi seperti ubi dan umbi-umbian. Hampir semua jenis daging seperti daging kelinci, daging merah, dan daging bebek adalah pantangan. Anda juga disarankan melakukan olahraga ringan seperti jogging atau tai chi.

Nah keempat tips diet di atas adalah tips diet yang sangat efektif jika dilakukan sesuai dengan golongan darah anda. Namun bukan berarti tips tersebut tidak boleh dilakukan jika tidak sesuai dengan golongan darah anda ya. Untuk anda yang sedang menjalankan program diet, anda juga bisa mendapatkan tips diet sehat lainnyatips diet sehat tanpa ribet lainnya disini.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS