Cara Tepat Memilih Mainan Untuk Anak Yang Baik Untuk Perkembangannya

SHARE
Cara Tepat Memilih Mainan Untuk Anak Yang Baik Untuk Perkembangannya

Setiap anak pasti akan gemar bermain. Jangan batasi anak bermain sebab bermain juga termasuk proses belajar bagi anak. Anak memang akan lebih aktif dan menyukai bermain saat usianya masih belia

Yang harus perhatikan adalah permainan apa dan mainan apa yang di pakai anak. Salah permainan dan mainan bisa menghambat atau bahkan merusak perkembangan anak.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua yang baik, anda harus bisa menjaga perkembangan otak anak agar anak tumbuh dengan baik dan bisa berprestasi

Lalu apa saja mainan apa yang bagus untuk perkembangan otak anak? Berikut ini ada beberapa hal yang harus perhatikan anda sebagai orang tua sebelum hendak membelikannya mainan untuk buah hati kesayangan. Simak yuk.

Bagaimana cara memilih Mainan yang Baik Untuk Anak?

Cara Tepat Memilih Mainan Untuk Anak Yang Baik Untuk Perkembangannya

1. Pastinya Pilih Mainan Sesuai Dengan Umurnya

Seringkali banyak para orangtua yang membelikan mainan anak yang tidak tepat. Mengapa? Karena sebelum usianya beranjak, anak sudah diperkenalkan mainan yang tidak sesuai dengan usianya. Jika anak anda berusia 6 bulan berikanlah mainan yang bisa mengeluarkan bunyi yang lucu seperti suara hewan atau musik klasik. Mainan tersebut sangat mampu melatih pendengarannya.

2. Usahakan Memilih Mainan Dengan Warna Cerah

Warna dalam mainan juga bisa melatih pengelihatannya dengan begitu anak akan mudah mengenal warna. Maka dari itu pilihlah warna yang cerah agar anak juga tertarik untuk memainkannya. Otak anak akan cepat merangsang sehingga mempercepat perkembangan otak anak.

3. Lebih baik Pilih Mainan Yang Bisa Mengasah Kreativitas Dan Logika Anak

Sebelum anda memutuskan untuk membeli mainan anak. Ada baiknya pilih mainan yang bermanfaat dalam artian bisa mengasah logika dan kreativitas anak. Namun cara ini juga harus di sesuaikan dengan umur anak. Contohnya anda bisa membeli puzzle jika anak anda sudah mencapai umur 5 tahun. Jangan sampai membelikan puzzle jika usia anak kurang dari umur tersebut. Dikhawatirkan anak justru akan memakannya.

4. Prioritaskan Keamanannya

Baca Juga: Trik Cerdas Memilih Kado Untuk Anak Anda

Terakhir anda juga harus memilih mainan dengan memperhatikan keamanannya. Seperti melihat bahan dasar mainan terbuat dari apa. Mainan yang baik tidak perlu mahal. Anda juga bisa membeli dengan harga yang terjangkau asalkan mainan anak tersebut tidak membahayakan keselamatan anak dan tentunya harus beredukatif.

NO COMMENTS