5 Langkah-Langkah Pintar Mencegah Bayi Sakit

SHARE
5 Langkah-Langkah Pintar Mencegah Bayi Sakit

Semua ibu pasti tidak menginginkan bayi kesayangannya sakit. Apalagi sedang lucu-lucunya lalu keesokan harinya si kecil  jatuh sakit. Pasti rasanya sedih bukan?

Bayi yang sakit tentu banyak faktor yang menyebabkan imunnya lemah sehingga kuman dan bakteri dengan mudahnya menguasai tubuh bayi.

Faktor pertama kebersihannya. Mulai dari kasur atau pakaiannya yang tidak dijaga. Selain itu bisa juga makanan dan minumannya yang tidak diperhatikan kandungan nutrisinya sehingga bayi kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan dalam tubuh.

Untuk itu dibutuhkan cara-cara untuk mencegah bayi saki. Agar senyum cerianya selalu bisa terpancar dari wajah mungilnya. Berikut tips pencegahan agar bayi tak gampang sakit.

Tips Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Bayi Sakit

5 Langkah-Langkah Pintar Mencegah Bayi Sakit

1. ASI Sumber Nutrisi Yang Sempurna

Seorang wanita yang baru lahir akan dikaruniai Air Susu Ibu (ASI) yang kaya akan nutrisi yang cukup untuk bayi setiap harinya. Berikan Asi Eksklusif selama 6 bulan sehingga bayi akan terhindar dari penyakit.

2. Sering-Sering Menjaga Kebersihannya

Perhatikan pakaian bayi dan segala macam peralatannya. Pastikan dicuci bersih karena penyakit berasal dari kuman dan bakteri.

3. Berikan Imunisasi Sebagai Vaksin

Banyak sebagian orangtua yang tidak memberikan imunisasi dengan alasan yang beragam. Padahal Imunisasi sangat diperlukan oleh bayi karena saat ini wabah penyakit semakin ganas dan penularannya bisa melalui udara dan lain sebagainya. Imunisasilah bayi anda untuk mencegah bayi sakit.

4. Jauhkan Bayi Dari Asap Rokok Dan Debu Secara Langsung

Meskipun berlibur memang seru membawa semua keluarga namun pikirkan ulang membawa bayi jauh dari rumah karena kita tidak tahu  tingkat kekebalan tubuh bayi saat itu dengan tingginya polusi udara. Maka dari itu, pastikan bayi terhindar dari asap rokok atau debu yang buruk untuk paru-parunya.

5. Kalau Perlu, Cek Kesehatannya Sebulan Sekali

Baca Juga: Penuhi Sumber Nutrisi Anak Yang Sudah Sekolah Dengan Langkah Ini 

Jika anda merasa langkah-langkah tadi belum cukup untuk mencegah penularan penyakit ke buah hati anda. Anda bisa mengunjungi rumah sakit untuk memeriksa kesehatan bayi ke Dokter anak. Jangan pernah ragu untuk bertanya atau sekedar berkonsultasi dengan dokter karena dokter akan memberikan saran yang baik demi pertumbuhan bayi anda.

NO COMMENTS