Cara Mengajarkan Anak Mandiri

SHARE
Cara Mengajarkan Anak Mandiri
Anak Mandiri. Foto: sehatnatural

Anak sering kali manja kepada orang tua. Sifat manja ini ia gunakan untuk menarik perhatian anda. Tapi anda perlu membatasi sifat manja anak karena anak yang terlalu dimanja oleh orang tuanya akan menjadi bumerang di kemudian hari.

Anak yang dibiasakan manja ini bisa memiliki sifat kurang ajar kepada orang tuanya saat dewasa nanti. Bahkan yang lebih parah, anak tidak akan pernah mendengarkan perkataan orang tua sehingga memicu anak untuk melakukan tindakan tidak terpuji.

Apakah anda memiliki anak yang terlalu manja? Jika iya segeralah mengajarkannya menjadi seorang anak yang mandiri. Bagaimanakah cara mengajarkan anak mandiri? Caranya gampang dengan menggunakan panduan tips mengajarkan anak mandiri seperti berikut.

Tips Mengajarkan Anak Menjadi Mandiri

Cara Mengajarkan Anak Mandiri

Langkah Pertama:  anda harus mulai mengajarkan dia untuk menyiapkan segala kebutuhannya sepanjang hari. Langkah awal yang dilakukan adalah membangunkannya lebih awal dari biasanya. Selanjutnya biarkan dia mandi sendiri tanpa anda bantu, tetapi anda harus mengawasinya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti terpeleset di kamar mandi.

Lalu biarkan anak anda memakai pakaiannya sendiri. Anda hanya perlu menyiapkan seragam atau pakaian yang akan dia kenakan pada hari ini. Dengan cara ini anak bisa menjadi tahu apa yang harus dia lakukan di pagi hari. Kebiasaan ini bisa anda terapkan sehari-hari sehingga bisa mengajarkan anak mandiri sejak dini.

Langkah Kedua: sebagai orang tua, wajar saja bila naluri melindungi darah daging anda timbul. Tapi terlalu melindungi ia juga tidak baik karena membuat dia kurang bebas serta menjadikan dia kurang mandiri. Untuk melatih kemandirian anak selanjutnya, anda bisa membiasakan dia agar berangkat sekolah sendiri tanpa perlu diantar oleh anda.

Jika jarak sekolah anak anda cukup jauh, anda juga harus mengajarkannya untuk pergi dengan menggunakan transportasi umum. Selain mengajarkan anak mandiri, menggunakan transportasi umum ke sekolah juga melatih dia untuk disiplin. Anda bisa tahu bukan apa akibatnya jika dia ketinggalan transportasi umum? Yah, benar dia tidak akan bisa pergi ke sekolah tepat waktu.

Langkah Ketiga: apakah anak anda sering merengek untuk meminta sebuah mainan? Bila benar jangan langsung turuti permintaannya. Anda bisa mengajarkannya untuk menabung terlebih dahulu dengan menyisihkan uang sakunya. Setelah terkumpul cukup barulah ajak dia ke toko mainan untuk membeli mainan yang ia inginkan.

Baca Juga: Menyiapkan Menu Makanan Bekal Sekolah Anak

Selain mengajarkan anak mandiri, menabung juga mengajarkan anak untuk hemat dan lebih selektif untuk memilih mana yang menjadi keinginan dan kebutuhannya.

Langkah Keempat: sesekali anda bisa mengajak anak anda menonton video tentang kerasnya kehidupan anak-anak yang tinggal di daerah kumuh. Ini bisa mengajarkan anak anda tentang kerasnya kehidupan yang sebenarnya. Cara ini juga mengajarkan anak mandiri dan melatih timbulnya rasa empati pada anak. Dengan melihat peristiwa tersebut juga bisa melatih anak menjadi seorang yang pekerja keras untuk memperoleh apa yang ia inginkan. Jadi, mulai ajarkan kemandirian pada anak.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS