8 Nutrisi Anak Yang Penting Dan Tak Boleh Terlupakan

SHARE
10 Nutrisi Anak Yang Penting Dan Tak Boleh Terlupakan

Selain faktor lingkungan dan faktor genetik yang bisa membuat anak cerdas. Ada faktor lain untuk mendukung perkembangan otak anak yaitu Nutrisi.

Ketiga faktor tersebut berperan penting untuk meningkatkan perkembangan otak. Dengan mengonsumsi nutrisi yang tepat maka anak akan mendapatkan gizi yang bermanfaat.

Moms apakah sudah mengenali nutrisi anak apa saja yang harus terpenuhi? Mengingat sejak didalam kandungan hingga anak berusia 3 tahun pemberian nutrisi harus lengkap dan seimbang.

Pemberian nutrisi yang baik akan meningkatkan jumlah sel-sel otak bayi. Semakin banyak dan bagus percabangannya maka semakin bagus juga fungsi sinaps otak anak.

Apa Saja Nutrisi Anak Yang Baik Untuk Meningkatkan Kecerdasannya?

10 Nutrisi Anak Yang Penting Dan Tak Boleh Terlupakan

1. Asam Amino

Setiap harinya, Anak harus mengonsumsi makanan yang mengandung Asam Amino karena nutrisi berfungsi untuk daya ingat anak. Asam Amino dapat ditemukan pada daging sapi, telur, ayam, dan kacang kedelai.

2. Asam Lemak Omega 3, Omega 6, dan Omega 9

Nutrisi kedua yang harus diberikan anak adalah makanan yang mengandung asam lemak. Asal Lemak berperan untuk anak bisa fokus dan hebatnya nutrisi ini juga bisa memperbaiki perilaku anak yang sangat hiperaktif menjadi penurut. Nutrisi ini bisa ditemukan pada kacang-kacangan , biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau.

3. Tyrosine

Nutrisi ini memang asing didengar ya bu? Tapi Tyrosine adalah nutrisi yang penting karena menurut penelitian, nutrisi ini efektif untuk meningkatkan kinerja mental anak dan fisiknya jika sedang berada dibawah tekanan. Anak harus mengonsumsi hati ayam, keju, buah alpukat, ikan, dan daging untuk bisa mendapatkan nutrisi ini.

4. Vitamin B

Vitamin B memang sudah sangat populer karena bisa meningkatkan memori otak anak dan meningkatkan konsentrasi anak. Kekurangan vitamin B pada anak akan berdampak buruk karena bisa menghilangkan ingatannya dan tentunya bisa merusak fungsi otak. Untuk itu konsumsilah anak anda dengan kacang-kacangan, dan wortel.

5. Zat Besi

Unsur terpenting untuk memilihara saraf dan bisa meningkatkan IQ anak adalah Zat Besi. Berikan anak kulit kentang karena mengandung lima kali lipat zat besinya dibandingkan dengan roti gandung, bayam, kacang-kacangan, jagung, telut, atau sereal.

6. Vitaman E

Vitamin E pada anak selain berperan untuk menjaga kulit dan rambut anak juga bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Untuk bisa mendapatkan kandungan vitamin E ini, berikan anak kacang almond, sayuran berdaun hijau, atau juga hazelnut.

7. Yodium

Anak yang kekurangan Yodium bisa membuat anak kurang cerdas karena Yodium juga berperan penting bisa mengoptimalkan kinerja otak anak melalui kepekaan sistem syaraf. Makanan yang mengandung yodium seperti ikan tuna, ikan salmon, kerang, rumput laut dan susu.

8. Seng

Baca Juga: Atur Jadwal Sarapanmu Dengan Makanan Bernutrisi ini 

Zat seng juga jangan sampai telewatkan ya moms, karena zat ini sangat berpengaruh pada pembelahan sel, pertumbuhan dan regenerasi sel yang berkaitan dengan pertumbuhan kecerdasan anak. Kekurangan zat seng membuat anak akan mengalami gangguan pertumbuhan kecerdasan. Berikan anak makanan bernutrisi seperti daging, susu, dan seafood.

NO COMMENTS