Sudahkan Anda Membuat Susu Balita Dengan Benar?

SHARE
Sudahkan Anda Membuat Susu Balita Dengan Benar

Umumnya setelah melahirkan, sang ibu akan langsung mengeluarkan Air Susu Ibu atau ASI. Namun banyak kasus kejadian dimana ibu yang baru melahirkan tidak bisa mengeluarkan ASI diakibatnya banyak faktor salah satunya faktor keturunan.

Baik ibu yang tidak bisa memberikan ASI dan bisa menyusui bayi dengan ASI sama-sama akan membutuhkan susu formula karena tidak semua ibu bisa memberikan ASI selama 6 bulan atau yang dinamakan ASI ekslusif . Sebenarnya susu formula juga sama-sama memiliki kandungan yang bergizi sama seperti ASI jika memilih susu formula yang baik dan dianjurkan dokter anak.

Untuk beberapa informasi penting terkait dengan susu formula. Ada baiknya susu formula yang sudah dibuat lebih dari dua jam jangan diberikan lagi. Karena berdasarkan penelitian yang sudah banyak dilakukan, udara di Indonesia termasuk dalam katagori yang lembap sehingga mengandung banyak jamur dan bakteri.

Meskipun botol susu sudah di tutup rapat, tetap saja jika sudah lebih dari dua jam bisa merubah kondisi susu. Dan jika anda memasukannya kedalam kulkas sebenarnya boleh namun dikhawatirkan zatnya akan terpisah akibat adanya endapan.

Selalu buat susu formula untuk baik yang tertera pada kemasan atau anjuran atau saran dokter. Jangan mengurangi atau melebihkan takaran karena jika terlalu kental. Buah hati anda akan sembelit dan jika terlalu encer, bayi anda akan diare.

Lantas, apakah anda saat ini sudah membuat susu formula yang tepat? Simak yuk cara membuat susu balita dengan benar dan baik agar nutrisi yang dibutuhkan untuk bayi terpenuhi.

Pentingnya Memperhatikan Cara Membuat Susu Balita Yang Baik  

Sudahkan Anda Membuat Susu Balita Dengan Benar

Botol Susu

Siapkan botol susu beserta dot dan lainnya yang sudah dibersihkan terlebih dulu dengan menggunakan sikat dan sabun khusus pencuci botol bayi. Namun mencuci dengan sikat dan sabun aja juga belum cukup, lebih baik setelah dibersihkan rebus botol susu dengan waktu 5 hingga 6 menit. Besihkan tangan anda dulu sebelum memegang botol susu.

Membuat Susu Formula Bayi

Tuang air panas ke dalam botol yang sudah steril dari kuman-kuman. Perhatikan takaran sesuai saran dokter atau yang tertera dalam kemasan. Ukurannya diperkiran agar susu formula tidak terisi alias diminum habis oleh bayi. Kemudian kocok-kocok hingga merata.

Periksa Sebelum Diberi Ke Bayi

Baca Juga: Daftar Game Anak Beredukasi Yang Tepat

Setelah dikocok-kocok perhatian kembali suhunya. Susu jangan diberikan ketika airnya masih panas. Jika sang bayi sudah menangis, alangkah baiknya pada saat membuat susu formula dicampurkan dengan air biasa namun lihat kembali takaran airnya yang pas.

NO COMMENTS