Jangan Lakukan 3 Hal Ini Pada Bayi Prematur

SHARE
Jangan Lakukan 3 Hal Ini Pada Bayi Premature

Anak adalah titipan tuhan. Setelah menikah pasti setiap pasangan suami istri berharap segera dan cepat mempunyai momongan. Konon, dengan mempunyai anak, diyakini bisa membuat rumah tangga menjadi harmonis dan rukun.

Mempunyai anak bukanlah perkara mudah, seorang wanita yang sudah bersuami harus mengandung terlebih dahulu.  Jika normal, Setelah mengandung selama 9 bulan, seorang ibu akan melahirkan buah hatinya dengan penuh perjuangan dan tetes keringat.

Beda lainnya jika seorang ibu yang mengandung dalam kurun waktu kurang dari 9 bulan. Seorang ibu yang melahirkan kurang dari 9 bulan maka akan memiliki bayi prematur. Apa itu bayi premature? Bayi prematur adalah seorang anak (bayi) yang keluar dari rahim ibu sebelum waktunya. Maksud sebelum waktunya adalah sebelum 9 bulan. Bayi prematur bisa keluar saat kehamilan kurang dari 40 minggu.

Umumnya bayi prematur keluar dari rahim  terjadi akibat banyak faktor. Seperti ibu hamil jatuh atau mengidam penyakit diabetes, gangguan ginjal, tekanan darah tinggi, dan anemia. Seorang ibu hamil yang mengidap penyakit-penyakit tersebut selama masa kehamilannya bisa beresiko melahirkan bayi prematur.

Bayi premature yang usianya sudah mencapai 37 minggu masih kuat dalam serangan kuman atau bakteri. Namun jika bayi tersebut lahir kurang dari 32 minggu, bayi tersebut sangat rentan dengan beragam penyakit dan gangguan kesehatannya. Untuk itu, jika anda memiliki bayi prematur ikuti kiat-kiat ini agar buah hati anda nantinya tetap kuat.

Tips Merawat Bayi Prematur

Jangan Lakukan 3 Hal Ini Pada Bayi Premature

1. Atur Cahaya

Bayi prematur memang berbeda dengan bayi yang lahir dengan normal. Bayi yang lahir kurang dari 9 bulan ini akan sangat rentan dengan cahaya. Untuk itu persiapkan kamar bayi dengan suhu antara 26 hingga 27 derajat celcius agar subu bayi stabil. Suhu jangan terlalu panas atau bahkan dingin karena akan sangat berbahaya.

2. Jangan Sembarang Sentuh

Baca Juga: Perhatikan Hal ini Saat Memilih Susu Terbaik Untuk Anak

Bayi premature akan memiliki kulit yang sensitif. Lebih baik siapkan kamar bayi yang ada penutupnya. Bayi premature akan rentan terkena debu dan kotoran lain bisa-bisa bayi tersebut sakit dan mengalami gangguan kesehatan akibat debu. Selain itu, jangan terlalu sering menyentuhnya, jika ingin menggendongnya harus berhati-hati dan cuci tangan terlebih dahulu.

NO COMMENTS