Ini 3 Peran Orang Tua Di Keluarga Yang Penting

SHARE
Ini 3 Peran Orang Tua Di Keluarga Yang Penting

Maraknya kejahatan yang dilakukan anak dibawah umur menjadi perhatian orang tua saat ini. “Buah jatuh tak jauh dari pohonnya” anggapan itu memang benar karena jangan melihat dari sebelah mata yang menyudutkan anak bersalah dalam tindakan kriminal.

Justru yang harus disalahkan adalah peran orang tuanya yang gagal mendidik anaknya. Anak menjadi nakal dan susah di atur.

Anak adalah karunia tuhan yang harus dijaga dan diberikan pendidikan sepantasnya. Anak juga masa depan orang tua kala sudah menua. Jika anda tua nanda hanya anak yang menjadi andalan untuk menjaga anda.

Untuk itu, pentingnya peran orang tua di keluarga menjadi tolak ukur keberhasilan sang anak. Anda hanya perlu melakukan 3 hal ini agar anak terhindar dari tindak kejahatan dan perbuatan tercela lainnya.

 

3 peran orang tua di keluarga yang harus dilakukan

Ini 3 Peran Orang Tua Di Keluarga Yang Penting

1. Berikan Motivasi Pada Anak Saat Ia Mengalami Masalah

Saat anak sedang murung atau tiba-tiba berubah perilakunya bisa jadi petanda anak anda sedang mengalami masalah. Namun sering kali para orang tua ingin menolongnya. Hal itu lebih baik dihindari karena malah akan membuat anak menjadi manja dan selalu mengandalkan orang tua.

Peran orang tua yang terbaik dalam hal ini adalah berikan motivasi agar anak semangat dan memikirkan jalan keluar untuk mengatasi masalahnya. Misalnya anak anda terjatuh atau terpeleset. Lebih baik berikan anak motivasi yang bisa mengunggah rasa semangatnya untuk bangun. Tetapi anda juga harus menanyakan kepada sang anak apakah ada yang terluka atau tidak. Dengan begitu anak menjadi mandiri.

2. Ajarkan Anak Untuk Berempati Dengan Orang Lain

Peran kedua yang harus dilakukan orang tua adalah ajarkan anak untuk memahami perasaan orang lain. Misalnya sang anak kesal dan ingin memukul temannya. Ajarkan anak dengan ucapan lembut seperti “Nak, Kamu kalau dipukul Sakit kan? Nah jangan pukul temanmu ya”. Kata-kata itu akan membuat anak ingat bagaimana jika ia berada di posisi temannya.

Baca Juga: Inilah Game Anak Di Ponsel Yang Mendidik

3. Biasakan Anak Untuk Sabar Dan Mengontrol Diri

Selain itu, ajarkan kepada anak untuk bisa lebih sabar. Jika ia terbiasa bersabar maka anak anda tidak akan cepat menangis dan merengek ketika menginginkan sesuatu yang ia mau.

NO COMMENTS