Tips Memilih Mainan Yang Aman Untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

SHARE
Tips Memilih Mainan Yang Aman Untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

Ketika bayi anda masih berusia 0 hingga 6 bulan pasti mereka masih sangat lucu-lucunya. Tubuhnya mungil, senyumnya yang menggemaskan, ketawanya yang lucu pasti membuat anda ingin selalu bermain bersamanya.

Bermain bersama bayi tidaklah seru tanpa adanya mainan yang bisa membuatnya tertawa terbahak-bahak. Pasti anda mempunyai keinginan untuk membelikannya sebuah mainan untuknya nanti. Tetapi sebelum anda membeli permainan bayi harus selalu cek lebelnya untuk memastikan ada mainan tersebut bebas dari racun yang bisa membahayakan untuk kesehatan bayi.

Mainan-mainan bayi usia 0-6 bulan harus bebas dari zat seperti timbale, zat merkuri, zat cadmium, dan zat chromium. Zat-zat berbahaya tersebut sudah dipastikan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YKLI banyak terdapat pada mainan anak-anak. Jadi anda harus berhati-hati saat membeli mainan untuk buah hati anda.

Tips Pintar Memilih Mainan Untuk Bayi

Tips Memilih Mainan Yang Aman Untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

1. Lihat Lebel 

Sebelum membeli mainan, lihatlah lebelnya. Lebel bertujuan melihat katagori usia anak yang boleh digunakan.

2. Pilih Mainan Berukuran Besar Namun Ringan

Mainan untuk bayi berusia 0 hingga 6 bulan hindari yang berdiameter kecil seperti berukuran 3 cm atau mainan seperti kelereng atau bola-bola kecil karena usia bayi yang masih belum berusia 1 tahun masih aktif untuk memakan apapun yang diraihnya. Untuk itu pilih mainan yang berukuran besar namun tidak memiliki beban berat.

3. Hindari Mainan Beroda

Mainan seperti mobil-mobilan atau mainan yang memiliki roda lebih baik dihindari. Anak bisa memakan mainan tersebut dan bisa saja saat dimakan tanpa sepengetahuan anda, roda itu copot dan bisa ketelen. Anak bisa kesulitan bernafas dan tersendak dan yang pasti membahayakan nyawanya.

4. Mainan Harus Bisa Di Cuci

Selain ketiga hal itu, sebelum membeli mainan pastikan mainan itu bisa di cuci bersih agar kuman dan bakteri bisa hilang.

Baca Juga: Bahaya Wasir Ketika Melahirkan Anak

5. Pastikan Mainan Bebas Dari Logam Timah

Mainan bayi harus terbebas dari logam timah karena zat kimia itu bisa membuat bayi anda keracunan saat menjilatnya terus menerus.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS